Pelepasan KKN Gelombang 2 Universitas Siliwangi


Gemercik News - Tasikmalaya (27/03). Upacara Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang II Mahasiswa Universitas Siliwangi, dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2018 sekitar pukul 09.00 WIB bertempat di Gedung Mandala Universitas Siliwangi dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui KKN Tematik untuk mendukung peningkatan IPM Kabupaten Tasikmalaya. Upacara Pelepasan dihadiri oleh Bupati Tasikmalaya, H.Uu Ruzhanul Ulum, S.E., Rektor Universitas Siliwangi, Ketua LP2M, Wakil Rektor I, 2 dan 3, Dekan dari tiap Fakultas, Dosen pembimbing lapangan, beberapa Camat Kab. Tasikmalaya dan seluruh Peserta KKN.

Rektor Universitas Siliwangi Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., M.S dalam sambutannya menjelaskan bahwa ada beberapa tujuan dari dilaksanakannya program KKN ini, “Ada beberapa tujuan mahasiswa melaksanakan KKN diantaranya, mempersiapkan mahasiswa dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Mengembangkan Pengetahuan, sikap untuk dapat bekerja sama dan membantu menggerakan pembangunan di Masyarakat, serta untuk bersosialisasi dengan masyarakat dalam mengembangkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah.” Ujar Rudi Priyadi. 


"Begitu banyak memori saya di kampus perjuangan ini, belajar ilmu, belajar kehidupan sosial, maka sampai saat ini Universitas Siliwangi tidak bisa lepas dari memori saya”. Kata Bupati Tasikmalaya.


H. Uu Ruzhanul Ulum memandang bahwa program KKN ini sebagai sarana untuk belajar bermasyarakat dan.belajar berkehidupan sosial bagi mahasiswa, Selain itu dalam sambutannya, H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E berharap dengan adanya program kKN ini diharapkan mahasiswa universitas siliwangi dapat memberikan kecerdasan, pemahaman dan pengalaman bagi masyarakat  “tolong berikan kecerdasan, pemahanan, pengalaman, dan keilmuan kepada masyarakat kami." Berikan pendidikan ekonomi, kesehatan, pertanian, ilmu sosial, berdasarkan ilmu yang dimiliki. Karena sesungguhnya ilmu yang diberikan Insyaallah akan bertambah.”

Ketua Pelaksana KKN melaporkan KKN Periode kedua ini terbagi menjadi 3 lokasi atau tema diantaranya KKN Kebangsaan, KKN Citarum Hanum, dan KKN Reguler. KKN ini diikuti oleh 536 mahasiswa yang berasal dari 6 fakultas dengan rincian diantaranya, FKIP 17 Peserta, Ekonomi 48 Peserta, , Fakultas Teknik 38 Peserta, FIK 112 Peserta, FISIP 8 Peserta, dan terakhir yang paling banyak ialah Faperta dengan  313 peserta.

Seluruh peserta disebar tempatkan di Prov. Lampung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Tasikmalaya. Di Lampung ditempatkan pada 3 Kabupaten, Kabupaten Bandung ditempatkan pada 1 Kecamatan dan Kabupaten Tasikmalaya terbagi menjadi 4 Kecamatan, yakni Puspahiang, Sodonghilir, Taraju dan Bojong Gambir.

(Isma, Rina)
Pelepasan KKN Gelombang 2 Universitas Siliwangi Pelepasan KKN Gelombang 2 Universitas Siliwangi Reviewed by LPM Gemercik on Friday, July 27, 2018 Rating: 5

Fashion

Close