NUANSA YANG BERBEDA DI WISUDA FISIP


Gemercik News  Tasikmalaya (21/07). Telah dilaksanakan wisuda Tahun 2017/2018 di Universitas Siliwangi. Fakultas yang berada di dalamnya ikut merayakannya dengan kemeriahan pangjajap. Begitu pula dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang ikut serta merayakan kelulusan wisudawannya, dengan tema “Bersinergi dalam Kontribusi Positif Demi Melahirkan Generasi Intelektual  yang Bermanfaat Bagi Masa Depan”.


Wisuda di FISIP kali ini terasa berbeda dibandingkan dengan wisuda periode sebelumnya. Dengan jumlah wisudawan sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 2 orang dari angkatan 2011, 4 orang dari angkatan 2013, dan 24 orang dari angkatan 2014. Selain itu, wisuda FISIP pun terasa berbeda karena adanya Marching Band PPI 31 Banjaran yang mengantarkan para wisudawan dari fakultas menuju Gedung Mandala. Marching Band sendiri didatangkan dari salah satu pesantren di daerah Banjaran, Kabupaten Bandung. 


"Tidak seperti biasa mungkin ya, dari periode-periode sebelumnya ada teatrikal, ada jip, ya sekarang melihat kondisi dan situasi sedang libur semester", ujar Naufal Zahra selaku ketua pelaksana pangjajap FISIP. Dengat tema yang diusung, Naufal berharap "Lulusan FISIP itu bisa berkontribusi dalam hal positif, bisa berpengaruh dalam hal positif, menjadi generasi intelektual yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga, fakultasnya, universitasnya, dan yang pastinya untuk masyarakat umum".


Untuk kendala yang dihadapi dan belum terpecahkan sampai sekarang adalah partisipasi dari mahasiswa FISIP yang aktif. "Terasa tidak etis apabila memaksa-maksa (untuk berpartisipasi pada acara wisuda), kembali lagi ke mahasiswanya", ungkap Naufal.


Harapan untuk wisudawan dan FISIP sendiri menurut Naufal Zahra adalah lulusan FISIP bisa bermanfaat untuk masyarakat bukan hanya menjadi pejabat atau menjadi orang elit dalam bidang politik, selalu mengedepankan kepentingan umum dan hati nuraninya. Untuk FISIP sendiri dengan banyaknya lulusan di periode kali ini, bisa untuk menambah nilai atau kualitas dari fakultas maupun jurusan, baik itu akreditasi maupun nanti lulusannya bekerja di tempat-tempat yang baik serta dapat berkontribusi di nasional maupun internasional. (Yusya)

NUANSA YANG BERBEDA DI WISUDA FISIP NUANSA YANG BERBEDA DI WISUDA FISIP Reviewed by LPM Gemercik on Sunday, July 22, 2018 Rating: 5

Fashion

Close