Young Brilliant Bright : Lahirkan Generasi Muda Baru Awardee LPDP yang Cerdas dan Bersinar



Gemercik News-Tasikmalaya (3/5) Young Brilliant Bright menjadi tema pada Talkshow with Awardee LPDP yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Siliwangi di Gedung Mandala pada Kamis, 3 Mei 2018. Menghadirkan 2 pemateri, yakni Sani Aryanto sebagai koordinator awardee LPDP Baraya (ITB-UNPAD-UPI) periode 2016-2017, CCEO Kitasama, Fadri Ari Sandi sebagai wisudawan Universitas Lampung, dan penerima awardee LPDP Universitas Gadjah Mada. Talkshow yang dibuka secara umum dan tidak dipungut HTM ini bertujuan mengenalkan LPDP kepada para mahasiswa, terutama mahasiswa jenjang akhir dan ingin melanjutkan studinya ke S2. Talkshow ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei kemarin. 


Widy Yuliana Rahayu, Mahasiswi Ilmu Politik angkatan 2015 selaku Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa penyelenggara menginginkan generasi muda yang pintar dan cerdas yang dapat menjadi seorang pemimpin yang bersinar serta menyinari ketika berada di tengah-tengah masyarakat. Tema yang diusung juga berkaitan erat dengan beasiswa LPDP. Dimana ketika para mahasiswa yang telah sarjana masih semangat untuk melanjutkan studi akan tetapi kebingungan karena memiliki kendala, maka beasiswa LPDP ini dapat menjadi salah satu solusi demi menghasilkan generasi muda yang cerdas.


Young Brilliant Bright. Karena kita berharap generasi muda kan young itu kan muda yah, kita berharap generasi muda yang brilliant itu kan pintar, cerdas, jadi generasi muda itu kita berharap nya orang-orang generasi muda itu cerdas-cerdas gitu. Dapat menjadi seorang pemimpin yang benar-benar dapat bright itu sendiri, ya itu kan bersinar dan menyinari di tengah-tengah masyarakat gitu. Ohh, ya hubungannya itu tadi, kan kalau beasiswa LPDP sendiri abis dari S1 nih yang mau lanjut S2, lanjut S3 biasanya generasi muda itu lagi gembor-gembornya buat nyari pendidikan gitu. Jadi kita berharapnya kaya gitu,” Papar Widy


Widy juga mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi ketika mempersiapkan acara ini. Seperti pada sebelumnya narasumber yang direncanakan adalah Chairul Tanjung. Namun, pihak rektorat memberi kabar bahwa pada waktu tersebut Gedung Mandala akan digunakan untuk menyambut kedatangan menteri, padahal panitia sudah mem-booking mandala 2 bulan sebelum pelaksanaan kegiatan. Akhirnya, panitia mencari narasumber lain untuk mengganti Chairul Tanjung, yakni Dwitasari dan Ibu Raeni. Akan tetapi, ternyata peminat di Unsil mengenai kedua narasumber ini kurang. Hingga H-3 acara, tiket yang terjual pun masih bisa dihitung jari dan belum memenuhi target. Alhasil, panitia mencari jalan keluar dengan mengundang kedua pemateri yang tentu akan hadir dan membuat acara ini menjadi gratis serta terbuka untuk umum. Terbukti dari adanya peserta dari perguruan tinggi lain se-Priangan Timur khususnya Tasikmalaya sendiri, seperti Universitas Perjuangan, UPI Kampus Tasik, STIA YPPT Priatim, STMIK DCI, AMIK BSI, dan LP3I Tasikmalaya.


Ketika ditanya perihal biaya, Widy mengatakan bahwa biaya yang dikeluarkan seluruhnya berasal dari dana negara yang dikeluarkan oleh Fakultas. Ditambah dengan adanya dana dari sponsor, yakni PT. Sinar Sosro. “Kita dana bener-bener pure dari negara kita dari fakultas. Sama ada sponsorship dari sosro,” tambahnya.


“Semoga dengan adanya acara ini ya kita dapat membantu buat temen-temen yang asalnya tidak tau tentang beasiswa LPDP menjadi tau gitu. Terus mereka kan dari unsil sendiri baru ada 3 orang, alhamdulillah ya yang udah jadi beasiswa LPDP gitu, sekarang lagi belajar di luar negeri. Ya mereka bisa menggapai impiannya lewat beasiswa ini..” tutup Widy dengan harapannya.


Rani Lestari, Mahasiswi Ilmu Politik 2017 yang juga merupakan peserta dari talkshow ini mengaku antusias karena terdapat berbagai informasi mengenai LPDP yang dapat diserap melalui acara ini


“Jadi, tadi acaranya seru. Jujur ya seru. Soalnya kan namanya talkshow ya, nah kita tuh disini emang bener-bener dapet informasi banget dari beasiswa LPDP itu kan, dari awardee itu. Nah menurut aku, emang baguslah  diadainnya ini gitu. Soalnya emang bermanfaat banget, apalagi buat kita kan para mahasiswa yang emang cari-cari beasiswa untuk memperingan juga kan. Klo misalkan secara keseluruhan bagus sih ya, cuma yang aku liat itu, pesannya mungkin dari waktu ya soalnya kan emang kaya pematerinya itu diburu-buru waktu jadi waktu pas sesi pertanyaan itu dibatasi dan itutuh cuma beberapa orang dan dikit banget, menurut aku sih itutuh kurang soalnya kan masih banyak pertanyaan-pertanyaan  yang kali aja masih harus ditanyain gitu. Jadi kesannya tuh kaya masih ada unek-unek aja, masih pengen nanya kaya gitu. Tapi secara keseluruhan acara ini bagus banget . Untuk tahun-tahun selanjutnya, untuk talkshow awardee itu memotivasi banget buat orang-orang buat cari beasiswa, yang tadinya ikut seminar buat ngilangin gabut, eh ternyata pas udah ikut seminar dan dapet info akhirnya kan dia jadi tertarik.” Ujar Rani menutup tanggapannya.

(Ewrikkah)

Young Brilliant Bright : Lahirkan Generasi Muda Baru Awardee LPDP yang Cerdas dan Bersinar Young Brilliant Bright : Lahirkan Generasi Muda Baru Awardee LPDP yang Cerdas dan Bersinar
Reviewed by LPM Gemercik on Friday, May 04, 2018 Rating: 5

Fashion

Close