Usai Plafon Ruang Perkuliahan Runtuh, Gedung Baru Teknik Akan Ditinjau Kembali


Gemercik News – Tasikmalaya (11/05), setelah runtuhnya plafon di salah satu ruang kuliah umum gedung Fakultas Teknik yang baru pada hari Rabu, 09 Mei 2018, gedung Fakultas Teknik akan ditinjau kembali. Disebutkan oleh Pengki Irawan selaku Sekretaris Jurusan Teknik Sipil sekaligus penanggung jawab gedung Fakultas Teknik saat diwawancarai Jumat (11/05).


Sebelumnya, diketahui plafon di salah satu ruang kuliah umum gedung Fakultas Teknik runtuh. Kejadian tersebut disebabkan gipsum yang digunakan sebagai bahan plafon terlalu tebal dan tidak sesuai dengan yang dianjurkan dalam RKS (Rencana Kerja dan Syarat). “Yang pertama itu, spek bahannya karena terlalu tebal, karena di RKS bahan yang dianjurkan itu hanya 9 mm sedangkan yang dipasang itu adalah 12 mm, artinya bebannya terlalu berat,” tutur Pengki.


Saat ditemui di ruang kerjanya, Pengki menjelaskan bahwa sebelum runtuh, Ia mendapat laporan dari salah satu dosen yang sedang mengajar di ruangan tersebut bahwa terdengar  suara plafon mengalami penurunan. Setelah itu, sekitar pukul tiga sore plafon tersebut runtuh.



Kejadian ini langsung ditanggapi oleh Pengki selaku penanggung jawab gedung dengan mendatangkan kontraktor untuk memperbaiki kerusakan. Perbaikan dilakukan pada hari Kamis dan ruangan tersebut sudah dapat digunakan kembali pada hari Jumat (11/05).


Tidak ada korban dan kerugian yang besar dalam insiden tersebut. Insiden terjadi saat ruang kuliah tidak digunakan dan biaya perbaikan ditanggung kontraktor karena bangunan masih dalam tahap garansi. Selanjutnya akan dilakukan peninjauan ulang gedung secara keseluruhan.


(Dwrsdn, Ainun, Ziah)

Usai Plafon Ruang Perkuliahan Runtuh, Gedung Baru Teknik Akan Ditinjau Kembali Usai Plafon Ruang Perkuliahan Runtuh, Gedung Baru Teknik Akan Ditinjau Kembali Reviewed by LPM Gemercik on Friday, May 11, 2018 Rating: 5

Fashion

Close