Peringati Hari Buruh, Mahasiswa Lakukan Aksi

Aliansi BEM Tasikmalaya lakukan aksi untuk peringati Hari Buruh di depan Kantor Wali Kota Tasikmalaya (01/05). Sumber Foto: GemercikMedia


Gemercik News – Tasikmalaya (01/05), Hari Buruh Internasional diwarnai seruan aksi dari kalangan mahasiswa di Tasikmalaya. Aksi yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang terdiri dari beberapa Universitas di Tasikmalaya yang tergabung dalam Aliansi BEM Tasikmalaya. Aksi ini dilaksanakan di depan Kantor Wali Kota Tasikmalaya pada hari Selasa, 1 Mei 2018. 

Para mahasiswa yang tergabung pada Aliansi BEM Tasikmalaya berkumpul di Universitas Siliwangi sebelum melakukan aksi menuju Kantor Wali Kota Tasikmalaya. Dikawal oleh pihak kepolisian, sesampainya di Kantor Wali Kota para mahasiswa disambut oleh kepolisian dan Satpol PP yang berjaga di depan gerbang masuk Kantor Wali Kota Tasikmalaya. 

Inti dari aksi memperingati hari buruh ini ialah berupa tuntutan yaitu menuntut Disnaker kota Tasikmalaya mengawasi perusahaan supaya buruh dibayar sesuai dengan UMK (Upah Minimum Kerja), menuntut akomodasi tenaga kerja dan jaminan kesehatan bagi para perkerja, menuntut Disnaker mengevaluasi serta mengawasi kembali surat edaran walikota tahun 2015, serta menuntut pemerintah membuat kebijakan terkait penolakan tenaga kerja asing di Tasikmalaya. Dari tuntutan-tuntutan tersebut, mahasiswa menginginkan adanya kesepakatan antara mahasiswa dan pihak wali kota. 

Bangkit Semesta Juang Wahab, mewakili Bidang Polhukam dari BEM Universitas Siliwangi menyatakan bahwa jumlah Universitas di Tasikmalaya yang mengikuti aksi tersebut terdapat enam kampus termasuk Unsil sendiri. Universitas yang mengikuti aksi adalah STIA Priatim, STAI Tasikmalaya, UPI Kampus Tasikmalaya, Universitas Perjuangan, BSI Tasikmalaya, Universitas Siliwangi. 

Aksi yang dilaksanakan ini ditanggapi oleh Kepala Disnaker Kota Tasikmalaya, Nunung Kartini, yang menandatangani kesepakatan antara mahasiswa dengan pihak walikota. Usai aksi tersebut pihak mahasiswa akan tetap melakukan pemantauan akan kesepakatan tersebut. Bangkit menyatakan harapan akan aksi ini “Para buruh jangan mau distir (hegemoni) oleh pemerintah,” ujarnya. (Sajili & Yusya)
Peringati Hari Buruh, Mahasiswa Lakukan Aksi Peringati Hari Buruh, Mahasiswa Lakukan Aksi Reviewed by LPM Gemercik on Tuesday, May 01, 2018 Rating: 5

Fashion

Close