ROCK THE VOTE INDONESIA UNSIL : Ciptakan Pemilih Muda yang Cerdas, Kritis, dan Rasional



GemercikNews - Tasikmalaya (29/04) Dr. Abdul Aziz, S.R Peneliti Senior CEPP-FISIP UI sekaligus Dosen FISIP Universitas Brawijaya menjadi salah satu pemateri dalam acara talkshow Rock The Vote Indonesia di Universitas Siliwangi bersama beberapa pemateri lainnya. Mengusung tema Electainment On Campus, kegiatan ini memadukan antara pemilihan (election) dan hiburan (entertainment). Rock The Vote Indonesia bertujuan meningkatkan kesadaran politik para pemilih muda dalam rentang usia 17-29 tahun, Rock The Vote Indonesia ini diadakan dalam rangka menyambut Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 pada 27 Juni mendatang karena mayoritas penduduk Jawa Barat sendiri adalah pemuda dengan presentase 51% dari total jumlah penduduk Jawa Barat kurang lebih 32 juta jiwa. Bertempat di arena parkir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Siliwangi, kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir pada 12.40 WIB. 



Taufik Nurrohman selaku wakil ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali di FISIP UNSIL. Namun, kedepannya kegiatan ini akan rutin diadakan 5 tahun sekali dan memang dikhususkan setiap menjelang pemilihan gubernur. Bekerja sama dengan KPU Daerah Jawa Barat, Center Election and Political Party  (CEPP) – FISIP UI dan 30 mitra Perguruan Tinggi se-Jawa Barat. Terselenggaranya kegiatan ini juga tidak secara serentak, melainkan bertahap dalam setiap harinya pada setiap mitra kampus. 



“Nah, kalau untuk di UNSIL sendiri ini adalah acara pertama , karena kan sebenernya kalau Rock The Vote tidak diadakan terus-menerus setiap tahun karena kan mengikuti pemilihan 5 tahun sekali. Ini memang dikhususkan untuk sosialisasi pilgub Jabar. Kita kerjasama sama KPUD Jawa Barat dan  Center Election and Political Party dari FISIP UI. Tidak hanya 3 mitra itu saja sebetulnya, sementara ini kita ada 30 mitra Perguruan Tinggi se-Jawa Barat. Artinya, acara ini tidak hanya diselenggarakan di UNSIL saja, tapi diselenggarakan di 30 Perguruan Tinggi yang pelaksanaannya itu tidak ada yang bentrok. Ada terus setiap hari dan selanjutnya terjadwal di UNSIL itu pada hari ini 29 April 2018” Jelas Taufik.



Acara Rock The Vote Indonesia sendiri merupakan salah satu hak paten yang dipelopori oleh CEPP – FISIP UI. CEPP merupakan salah satu pusat studi yang ada di FISIP Universitas Indonesia dan mempunyai lisensi atas terselenggaranya ini. Taufik mengaku acara ini terbuka untuk seluruh mahasiswa dan para pemuda, tidak hanya mahasiswa FISIP bahkan mengundang beberapa Perguruan Tinggi lain dan beberapa Sekolah Menengah Atas di Kota Tasikmalaya. Menurutnya, rangkaian acara sosialisasi ini berjalan lancar dan tidak ada kendala serius dalam pelaksanaannya. Bahkan menurut Taufik, cara ini adalah yang paling tepat untuk mensosialisasikan Pemilu, karena berbeda dengan biasanya yang dikemas dengan kesan formal, acara ini justru dikemas dengan santai dan ditambah berbagai hiburan. 



Beliau juga menjelaskan, seluruh dana yang dikeluarkan demi terselenggaranya acara ini murni dibiayai oleh KPU Jawa Barat. Adapun Indosat sebagai sponsor tidak memberikan dana apapun dan hanya memfasilitasi dalam segi peralatan, seperti photobooth dan spanduk. Sedangkan jika dilihat dari keseluruhan acara, bantuan dari pihak Indosat tidak melebihi 3% dari kebutuhan acara.
“Sumber dana nya dari KPU Jabar. 100% dari KPU Jabar. Kalau sponsor itu sebenarnya ada, walaupun awalnya kita tidak membutuhkan sponsor. Karena kita melibatkan mahasiswa, mahasiswa biasanya punya sponsor. Nah ada sponsor dari indosat. Tapi dari indosat tidak memberikan dana apapun, hanya memfasilitasi beberapa peralatan, seperti photobooth dan spanduk yang ada disana. Saya kira kalau dari presentase keseluruhan acara tidak lebih dari 3%” Tambah Taufik.



Beliau berharap setelah terselenggaranya acara ini, tingkat partisipasi politik dapat meningkat secara kualitatif dan tidak lagi membicarakan partisipasi politik secara kuantitatif yang terbatas hanya pada jumlah persentase yang tidak memiliki kesadaran politik yang tinggi. Beliau juga berharap pada pemilihan gubernur nanti para pemilih muda datang ke TPS dengan rasionalitas yang tinggi.



“Harapan saya sesuai dengan target acara ini, itu adalah meningkatkan partisipasi politik secara kualitatif. Karena kan selama ini semua orang bicara partisipasi politik itu secara kuantitatif biasanya, Cuma berhenti pda persoalan berapa persen, tapi persentase  itu tidak bunyi. Nah yang kita inginkan adalah persentase itu adalah persentase yang besar yang dilatarbelakangi dengan kesadaran politik yang tinggi. Jadi secara kualitas bukan kuantitas. Jadi harapan saya, nanti para pemilih pemuda datang ke TPS itu betul-betul dengan rasionalitas yang tinggi” Kata Taufik menutup penjelasannya.
(Ewrikkah)

ROCK THE VOTE INDONESIA UNSIL : Ciptakan Pemilih Muda yang Cerdas, Kritis, dan Rasional ROCK THE VOTE INDONESIA UNSIL : Ciptakan Pemilih Muda yang Cerdas, Kritis, dan Rasional
Reviewed by LPM Gemercik on Monday, April 30, 2018 Rating: 5

Fashion

Close