KARTINI MEWARNAI PERAYAAN WISUDA FISIP



Gemersik News - Sabtu, 07 April 2018 merupakan momen perayaan wisuda periode II tahun akademik 2017/2018 di Universitas Siliwangi, fakultas yang berada dalam lingkup UNSIL merayakannya dengan  kemeriahan pangjajap. Tidak luput juga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang ikut serta merayakan kelulusan wisudawannya.


Desti Amalia selaku Ketua Pelaksana menjelaskan tentang tema yang diusung dalam perayaan wisuda periode II tahun 2017/2018, yakni 'Bersinar Melalui Aksi Nyata untuk Memberikan Kontribusi  yang Positif'.


“Kami mengambil tema tersebut karena berhubung sekarang bulan april serta kami mengusung konsep kartini, dengan  gagasanya Habis Gelap terbitlah Terang. Maka dari itu, kami mengharapkan wisudawan menjadi cahaya dari kegelapan dengan maksud menjadi penolong dan memberikan kontibusi positif dikalangan masyarakat, serta bisa menjadi andalan keadilan dimasyarakat” Tuturnya.


Dalam sesi penjemputan wisudawan FISIP diiringi Mobil Jeep dari Gedung mandala sampai Gedung FISIP. Iring-iringan ini juga diikuti oleh Ormawa FISIP serta partisipan dari mahasiswa, untuk partisipan dalam kegiatan perayaan wisuda FISIP dan mengikutsertakan seluruh mahasiswa aktif dari angkatan 13 sampai angkatan 17.


Ada pula penampilan teatrikal, yang dikoordinatori oleh Dhita Ayu. Dhita juga menjelaskan “Untuk konsepan teatrikal sendiri mengadaptasi dari Film Kartini karena sehubungan lulusan wisudawan sendiri itu 7 dari 8 adalah Perempuan,”


Menurut penurutaran Dhita, makna yang dapat diambil dari teatrikal yang mengusung Kartini, yakni adalah bagaimana realitas posisi wanita pada saat itu. Dalam cerita tersebut juga dikembangkan dari kejadian pada saat itu; Kartini mengkritisi budaya leluhurnya, karena pada jaman dulu pendidikan hanya bisa dirasakan kaum laki laki namun dengan perjuangan gagasan kartini dengan gagasannya Pendidikan penting untuk kaum wanita.


Perihal hambatan dalam kegiatan, Desti juga menuturkan dalam pelaksanaanya secara teknis dan segi Kepanitiaan itu tidak ada hambatan. Namun pada Segi Partisipan dari mahasiswa itu sendiri kurang karena satu hal dan lainnya.


Harapan juga terlontarkan dari Desti untuk para wisudawan FISIP “semoga wisudawan setelah ini bisa menjadi sukses, bisa mengabdi kepada masyarakat. Momen ini bisa menjadi awal dari perjuangan di luar sana.”

(Aris Muhammad)

KARTINI MEWARNAI PERAYAAN WISUDA FISIP KARTINI MEWARNAI PERAYAAN WISUDA FISIP Reviewed by LPM Gemercik on Sunday, April 08, 2018 Rating: 5

Fashion

Close