GERMAS Menjadi Ciri Khas Prosesi Pangjajap Wisudawan FIK sekaligus Memperingati Hari Besar Kesehatan



Gemercik News – Tasikmalaya, (7/4). Sebungan dengan tanggal 7 April merupakan Hari Kesehatan Dunia (World Heath Day)  sekaligus bertepatan dengan hari berdirinya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), BEM Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi (FIK Unsil) mengadakan kegiatan PHBK (Peringatan Hari Besar Kesehatan). Oleh karena kegiatan PHBK ini bersamaan dengan pelaksanaan wisuda Unsil, maka  acara inti dari kegiatan PHBK ini dilaksanakan setelah para mahasiswa FIK angkatan 2017 selesai mengantarkan Wisudawan dan Wisudawati dari FIK, yang mana prosesi pengantaran (pangjajap) wisuda ini rutin dilaksanakan setiap adanya wisuda.



Kegiatan PHBK ini bertemakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dimana pada kegiatan ini mahasiswa dari FIK menyebarkan edukasi tentang hidup sehat melalui sebaran pamphlet, stiker, dan buah-buahan ke berbagai tempat di Universitas Siliwangi . Selain itu, BEM FIK juga mengadakan lomba promosi kesehatan yang dikhususkan bagi mahasiswa FIK sendiri. Dalam lomba tersebut, masing-masing kelas diwajibkan mengirimkan 5 orang mascot dengan menggunakan kostum yang unik dan kreatif yang berhubungan dengan Germas. Maskot dari masing-masing kelas ini juga ikut mengantarkan Wisudawan dan Wisudawati guna untuk memeriahkan prosesi pangjajap dan sekaligus menyampaikan pesan kesehatan dari kostum yang dipakainya kepada masyarakat kampus.


Berkaitan dengan Germas sendiri, adalah suatu kegiatan yang merupakan upaya untuk membangun kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat guna meningkatkan kualitas hidup. Adapun pesan kesehatan yang disebarkan melalui pamphlet, dan stiker dalam Germas tersebut  meliputi anjuran untuk melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alcohol, memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban yang sehat.



Untuk informasi yang lebih luas mengenai PHBK dan Germas, BEM FIK juga menyediakan stand untuk konsultasi kesehatan secara gratis bagi mahasiswa ataupun masyarakat yang tertarik untuk meningkatkan hidup sehat ataupun yang hanya sekedar ingin tahu. Stand tersebut  bertempat di depan gedung Pascasarjana.


Adapun pengunjung yang berkonsultasi datang dari Ormawa dan beberapa orang tua dari para Wisudawan,  “Kebanyakan yang konsultasi kesehatan itu dari Ormawa, terutama Ormawa Teknik karna tempatnya yang berdekatan dan ada juga beberapa orangtua yang konsultasi’’ ujar Winda, salah satu anggota dari BEM FIK.
(Syifa Rachma)

GERMAS Menjadi Ciri Khas Prosesi Pangjajap Wisudawan FIK sekaligus Memperingati Hari Besar Kesehatan GERMAS Menjadi Ciri Khas Prosesi Pangjajap Wisudawan FIK sekaligus Memperingati Hari Besar Kesehatan 
Reviewed by LPM Gemercik on Sunday, April 08, 2018 Rating: 5

Fashion

Close