Enterpreneur Day sebagai Langkah dari Adanya Revolusi Industri 4.0



Gemercik News – Tasikmalaya, (07/04) Kemeriahan kegiatan wisuda tidak terlepas dari adanya stand–stand yang berjualan berbagai jenis produk. Salah satunya stand–stand yang berada di Lapangan Utama Universitas Siliwangi dimana banyak civitas mahasiswa yang melakukan kegiatan wirausaha dengan menjual produk atau jasa andalannya. Kegiatan ini dinamakan Entrepeneur Day yang merupakan program dari UPT Kewirausahaan dimana sebelumnya terdapat dua program yang telah dilaksanakan yaitu kegiatan Workshop dan Entrepeneur Challenge. Diantara stand yang terdapat di Lapangan Utama Unsil ini, terdapat dua stand yang dipilih dari Fakultas Pertanian berupa Lanskap Tanaman yang nantinya dapat digunakan untuk tempat berfoto selfie, dimana kegiatan kewirausahaannya sudah dinilai bagus sehingga perlu adanya apresiasi tentunya dari pihak UPT kewirausahaan. Mahasiswa yang dapat mengikuti kegiatan Entrepeneur Day ini merupakan mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan Entrepeneur Challenge sebelumnya yaitu pada tanggal 7 Maret 2018 yang bertempat di Gedung Rektorat lantai 2. Dalam kegiatan Entrepeneur Challenge diikuti oleh 150 mahasiswa yang diharapkan akan terbentuk 50 kelompok yang masing–masing beranggotakan 3 orang, namun pada pelaksanaannya hanya terbentuk sebanyak 28 kelompok. Dari 28 kelompok yang sudah terbentuk hanya terdapat 8 kelompok yang sudah efektif dan eksis yang kemudian dipilih dan difasilitasi dengan syarat sudah ditinjau terlebih dahulu oleh pihak UPT Kewirausahaan.


Program UPT Kewirausahaan ini bekerjasama dengan pihak BEM Universitas Siliwangi bagian Kementrian Kewirausahaan dan sebagai bentuk apresiasinya pihak UPT Kewirausahaan Unsil menyediakan satu stand khusus untuk BEM US. Tidak hanya itu UPT Kewirausahaan ini juga bermitra dengan abaloq, dimana Abaloq ini telah membantu secara teknis dengan cara membimbing para start up mahasiswa yang sebelumnya sudah terdapat MoU (Memorandum of Understanding) antara Abaloq dan pihak Universitas Siliwangi khususnya bidang UPT Kewirausahaan.


Pada saat ditemui di Lapangan Utama Unsil, Andi Rustandi, SE, M.Si selaku Kepala UPT Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Siliwangi menjelaskan bahwa setelah dilakukan senat dan kunjungan kegiatan Entrepeneur Day oleh Prof. Dr. H. Rudi Priyadi selaku rektor, maka tindak lanjut setelahnya yaitu dilakukan penilaian oleh pihak UPT Kewirausahaan dan Mitra Abaloq berdasarkan kriteria wirausahawan yang sudah memiliki potensi kapasitas bagus berdasarkan indikator penilaian yang telah ditentukan. Kedepannya bagi start up yang terpilih akan diberikan permodalan sebagai langkah awal yang akan menunjang keberhasilan dan menambah semangat bagi Entrepeneur itu sendiri, sehingga diharapkan entrepreneur ini dapat menjadi budaya. Tidak hanya itu, diharapkan mahasiswa dapat mengubah mindsetnya dari orientasi mencari kerja menjadi seseorang yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan setelah menjadi sarjana. Terlebih lagi sekarang ini pada masa Revolusi Industri 4.0 dimana 52,6 juta pekerjaan manusia akan tergantikan dengan mesin sehingga konsekuensinya peluang kerja semakin sempit. Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 ini solusinya yaitu dengan menjadikan mahasiswa sebagai entrepreneur untuk menangani kemungkinan besar pengangguran yang tinggi.


Harapan idealnya yaitu adanya inkubator bisnis di setiap fakultas untuk mengembangkan kewirausahaan sesuai dengan rumpun keilmuannya. Contohnya yaitu Unsil Mengajar sebagai apresiasi bentuk kewirausahaan Fakultas Ilmu dan Keguruan. “Kegiatan ini sangat mendukung untuk pengembangan kreativitas mahasiswa, banyak mahasiswa yang bergelut di bidang wirausaha masih kebingungan belum ada pengarahan. Dengan adanya program mewadahi dan memfasilitasi mulai dari pembentukan tim, bimbingan, dan memperjelas usaha yang sudah ada”, tutur Nadyia Aini Putri selaku salah satu peserta Entrepeneur Day.


Pada intinya yang diharapkan yaitu mengubah status mahasiswa menjadi seorang entrepreneur. “Masa depan itu harus diciptakan, jangan sampai gimana nanti . Perlu adanya dukungan dari lembaga dan civitas mahasiswa untuk melangkah dan membantu terwujudnya visi Universitas Siliwangi ini,” tambah Andi Rustandi, SE, M. Si”. (Vika Arinda)

Enterpreneur Day sebagai Langkah dari Adanya Revolusi Industri 4.0 Enterpreneur Day sebagai Langkah dari Adanya Revolusi Industri 4.0 Reviewed by LPM Gemercik on Saturday, April 07, 2018 Rating: 5

Fashion

Close