Suara Mahasiswa dalam Pemilihan Rektor Universitas Siliwangi: Rudi Priyadi Tetap Unggul di Kalangan Mahasiswa Universitas Siliwangi




Pemilihan Rektor Universitas Siliwangi pada Senin, 26 Maret 2018 pukul 13.00 –14.00 WIB dilaksanakan secara tertutup. Sidang yang diikuti oleh Senat dan Pejabat Kementerian Riset dan Teknologi Tinggi ini memenangkan kembali Prof. Dr. Rudi Priyadi, Ir., M. S. yang berada di nomor urut 2. Suara yang diperoleh Rudi Priyadi ini mencapai 33 suara dari total 42 suara. Aturan dari pengambilan suara ini ialah 35% hak suara Kementerian dan 65% hak suara Senat, dimana dalam pemilihan suara ini diikuti oleh 27 orang Senat. 

Selain daripada itu, divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pers Mahasiswa Universitas Siliwangi pun telah melakukan penyebaran angket kepada mahasiswa seluruh fakultas di Universitas Siliwangi. Angket ini merupakan bentuk aspirasi mahasiswa dalam pemilihan Rektor bahwa sebagaimana mestinya gambaran dari pilihan mahasiswa ini adalah suara untuk pemenang Rektor Universitas Siliwangi ini. 

Adapun jumlah suara terbanyak diperoleh nomor urut 2, Prof. Dr. Rudi Priyadi, Ir., M. S., dengan pemilih 43% dari angket yang diberikan pada mahasiswa. Total 29% diraih oleh nomor urut 3, yakni Dr. H. Iis Marwan, Drs., M.Pd. dan 28% diraih oleh Prof. Dr. Budy Rahmat, M. S. Pada suara mahasiswa ini, Rudi Priyadi tetap unggul sebagai Rektor Universitas Siliwangi pilihan mahasiswa.

Total 100% suara mahasiswa ini diraih dari 42% suara mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 26% suara mahasiswa Fakultas Teknik (FT), 8% suara mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta), 7% suara mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 7% suara mahasiswa Fakultas Ekonomi, 4% suara mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK), 3% suara mahasiswa Fakultas Agama Islam, dan 3% suara mahasiswa yang tidak diketahui dari fakultas mana ia berasal. 

FKIP sebagai fakultas yang mempunyai mayoritas mahasiswa di kampus ini atau dengan kata lain mempunyai jumlah mahasiswa terbanyak dengan jurusan terbanyak pula ini menjadi fakultas dengan pemilih terbanyak pula. Adapun angket memberikan pula kepada pengurus Litbang ini untuk berbincang dengan mahasiswa yang ditemuinya. 

Saat wawancara ini, mahasiswa kebanyakan memilih Rudi karena latar belakangnya sebagai Rektor Universitas Siliwangi, selain itu mahasiswa berharap sistem yang telah ada dapat dilanjutkan sehingga tidak ada kebijakan baru yang membuat kewalahan para mahasiswa, khususnya para organisator kampus dengan pergantian sistem baru, dengan kata lain mahasiswa mengharapkan adanya pemantapan sistem yang telah ada jika Rudi terpilih kembali

Rudi sebagai Rektor terpilih akan melakukan peningkatan mutu kampus untuk akreditasi perguruan tinggi, caranya ialah dengan satu atau dua bulan ke depan dirinya akan melakukan pengajuan akreditasi. Ia pun akan meningkatkan kualitas dosen serta meningkatkan sarana prasarana kampus agar akreditasi kampus ini meningkat. Adapun tahapan berikutnya adalah pelantikan yang akan dilaksanakan di Jakarta oleh Kemenristekdikti yang juga digabungkan dengan beberapa Rektor terpilih di berbagai perguruan tinggi. Hal tersebut disampaikan oleh Gumilar selaku Ketua Panitia Pemilihan Rektor. 

Gumilar pun juga menyampaikan harapannya kepada mahasiswa untuk sama-sama membangun UNSIL menjadi lebih maju lagi, “kita sama–sama kawal, kontrol Rektor terpilih ini untuk empat tahun ke depan,” ujarnya. (Iftihal, Litbang LPM Gemercik)
Suara Mahasiswa dalam Pemilihan Rektor Universitas Siliwangi: Rudi Priyadi Tetap Unggul di Kalangan Mahasiswa Universitas Siliwangi Suara Mahasiswa dalam Pemilihan Rektor Universitas Siliwangi:  Rudi Priyadi Tetap Unggul di Kalangan Mahasiswa Universitas Siliwangi Reviewed by LPM Gemercik on Saturday, March 31, 2018 Rating: 5

Fashion

Close