RAKORWIL I IMEPI JABAGBAR : Meningkatkan Sinergitas, Guna Meningkatkan Tata Kelola Organisasi Yang Berkualitas


Gemercik News, Tasikmalaya  (10/03) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan (HMJ EP) mengadakan Rapat Koordinasi Wilayah (RAKORWIL) Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI) Jawa bagian Barat (JABAGAR) yang diadakan di ruang rapat rektorat lantai 2. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 13.00 WIB serta berlangsung selama dua hari dari tanggal 10  sampai 11 Maret 2018 dan diikuti oleh 73 peserta. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan, Ketua BLM FE, Ketua BEM FE, dan seluruh Ketua Ormawa FE.

Rakorwil ini diikuti oleh  Universitas di daerah Jawa Barat antara lain Universitas Siliwangi selaku tuan rumah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Trisakti, Universitas Katolik Atmajaya, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Bandung, Universitas Padjadjaran,Universitas Pasundan, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Indonesia. Namun ada beberapa Universitas yang tidak dapat hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini memiliki agenda berupa Forum diskusi yang membahas pertumbuhan ekonomi Indonesia dan laporan LPJ per wilayah. 

Unsil bisa menjadi tuan rumah Rakorwil 1 IMEPI JABAGBAR karena sebelumnya Unsil mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Rakornas  2 di Rakornas 1, tetapi yang disetujinya ditingkat Rakorwil ungkap Aldiansyah Fikriawan Kusuma selaku Ketua Pelaksana. Selain itu Aldiansyah berharap agar rapat koordinasi ini bukan hanya rapat koordinasi biasa, melainkan menjalin silaturahmi antar Universitas yang tergabung dalam IMEPI. Tuturnya dalam sambutan.

Selain itu Ketua HMJ EP berharap mudah- mudahan Rakorwil ini berjalan lancar dan memberikan esensi –eseni bagi IMEPI dan Himpunan EP.

“Saya bangga dengan diaadakannya RAKORWIL ini, dapat menjalin kerjasama, dan koordinasi dengan Universitas lain. Kemudian dengan adanya acara ini bisa memperkecil kesenjangan dalam organisasi Mahasiswa. Saya meminta maaf karena Dekan Fakultas Ekonomi tidak dapat menghadiri kegiatan ini karena sedang dinas diluar”. Ungkap Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Jumri S.E., M.SI.

Pada kegiatan ini terdapat Forum Group Diskusi (FGD) dengan tema pembahasan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Inklusifkah?.  Dengan sub tema Infrastruktur, distribusi pendapatan, usaha besar VS UMKM.

“Kami  koordinasi dengan Kementerian Pendidikan yang ada di IMEPI, kebetulan di Unsil ini jarang ada kajian. Menurut mereka itu merupakan tema yang enak dibahas” ungkap Aldiansyah.

Untuk peserta sendiri Aldiansyah juga mengungkapkan bahwa per Universitas dibatasi 5 orang delegasi,  tetapi ada yang lebih,  yaitu 7 orang dan 8 orang delegasi. Sedangkan dari Unsil dibatasi hanya sejumlah 20 orang saja.

“Diadakannya Rakorwil untuk menyusun rencana-rencana program kerja IMEPI wilayah JABAGBAR diawali dengan adanya forum diskusi dengan beberapa Universitas yang ada disekitar Jabodetabek yang terfokus pada ekonomi pembangunan. Dalam forum diskusi tersebut membahas mengenai permasalahan ekonomi di Indonesia, ada beberapa hal yang diangkat yaitu infrastruktur, distribusi pendapatan, dan usaha besar vs UMKM. Pembangunan infrastruktur di Indonesia berkembang dengan pesat, dapat kita lihat dalam pemerintahan Presiden Jokowi saat ini.

Kemudian mengenai distribusi pendapatan bahwa di Indonesia masih banyak perbedaan dalam hal keuangan. Di Ibu Kota UMRnya sangat tinggi, berbeda dengan daerah lainnya. Adapun pembahasan mengenai usaha besar vs UMKM perlu adanya kerjasama untuk meningkatkan perekonomian yang seimbang dan tidak ada lagi pernyataan yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin” ungkap Thessalonika .S mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Siliwangi.

“Pembahasan sudah bagus, mungkin lebih dikoreksi lagi untuk pelaksanaan teknisnya dan pembagian materinya seperti tidak ada, mungkin untuk kedepannya bisa membahas tentang revolusi industri 4.0 dan bidang teknologi lainnya yang memang sedang menjadi isu–isu terkini ekonomi Indonesia. Selain itu Saya senang karena kita bisa membangun relasi–relasi antar Universitas antar delegasi dan lainnya sehingga relasi dan kenalan menjadi bertambah”.  Ungkap Yudha Mahasiswa Ilmu Ekonomi Universitas Padjadjaran.

(Aji Musa, Fauziah S, & Yusya)
RAKORWIL I IMEPI JABAGBAR : Meningkatkan Sinergitas, Guna Meningkatkan Tata Kelola Organisasi Yang Berkualitas RAKORWIL I IMEPI JABAGBAR : Meningkatkan Sinergitas, Guna Meningkatkan Tata Kelola Organisasi Yang Berkualitas Reviewed by LPM Gemercik on Sunday, March 11, 2018 Rating: 5

Fashion

Close