Pemilihan Rektor Unsil, Prof. Rudi Priyadi Kembali Terpilih

Rektor Universitas Siliwangi Periode 2018-2022, Prof. Dr. Rudy Priyadi, Ir., M.S.
Sumber foto: unsil.ac.id

Gemercik News-Tasikmalaya (26/03), Pemilihan Rektor Universitas Siliwangi telah dilaksanakan. Setelah sebelumya dilaksanakan proses penjaringan dan penyaringan calon Rektor Universitas Siliwangi. Proses sidang pemilihan Rektor dilakukan di ruang senat Universitas Siliwangi yaitu di Gedung Rektorat pada hari senin, 26 Maret 2018 pukul 13.00 – 14.30 WIB. Sidang dilaksanakan secara tertutup yang diikuti oleh senat dan pejabat kementerian riset dan teknologi tinggi. 

Hasil sidang tersebut menyatakan bahwa dari tiga calon yang ada antara lain nomor urut 1. Prof. Dr. Budy Rahmat, M.S., nomor urut 2. Prof. Dr. Rudi Priyadi, Ir., M.S., dan nomor urut 3. Dr. H. Iis Marwan, Drs., M. Pd. Calon Rektor yang memenangkan hasil suara terbanyak ialah nomor urut 2. Prof. Dr. Rudi Priyadi, Ir., M.S. Dengan hasil ini Prof. Dr. Rudi Priyadi, Ir., M.S. terpilih untuk kedua kalinya sebagai Rektor Universitas Siliwangi. 

Berdasarkan hasil dari sidang tersebut total perolehan suara yang diraih adalah 42 suara. Nomor urut 1 mendapat 4 suara, nomor urut 3 mendapat 4 suara, dan untuk nomor urut ke 2 mendapatkan 33 suara serta 1 suara yang tidak sah. Dengan hasil tersebut maka nomor urut 2 memenangkan pengambilan suara. Proses pengambilan suara ini didasari oleh Permenristekdikti No. 19 Tahun 2017, dimana aturan proses pengambilan suara 35% hak suara menteri dan 65% hak suara senat, pemilihan suara diikuti oleh 27 senat. 

Langkah pertama yang akan dilakukan oleh Rektor terpilih adalah fokus ke peningkatan mutu untuk akreditasi perguruan tinggi. Dengan satu atau dua bulan untuk pengajuan akreditasi. Untuk melakukan akreditasi tersebut Rudi Priyadi menyatakan bahwa untuk meningkatkan akreditasi harus dilaksanakan peningkatan mutu berupa peningkatan 7 standar termasuk dosennya ditingkatkan, sarana dan prasarananya juga ditingkatkan. Ya, mau tidak mau 7 standar itu harus ditingkatkan.

"Untuk tahapan selanjutnya adalah pelantikan. Kalau untuk pelantikan tempatnya di Jakarta oleh menteri dan juga digabung dengan beberapa perguruan tinggi negeri yang sama-sama melakukan pemilihan juga," ungkap Gumilar selaku Ketua Panitia Pemilihan Rektor. 

Harapan dari Gumilar khususnya untuk mahasiswa. "Yuk kita sama sama bangun Unsil ini untuk menjadi lebih maju lagi." Selain itu Gumilar juga menyampaikan bahwa kita sama sama kawal, kontrol Rektor yang terpilih untuk empat tahun kedepan. (Dela&Yusya)
Pemilihan Rektor Unsil, Prof. Rudi Priyadi Kembali Terpilih Pemilihan Rektor Unsil, Prof. Rudi Priyadi Kembali Terpilih Reviewed by LPM Gemercik on Tuesday, March 27, 2018 Rating: 5

Fashion

Close