Pelantikan Badan Pengawas dan Pengurus serta Cooperative Student Group (KOPMA): Wujudkan Koperasi Bersinergi



Gemercik News – Tasikmalaya (31/3). Telah dilaksanakan Pelantikan Badan Pengawas dan Pengurus Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Universitas Siliwangi dan Pelantikan Cooperative Student Group (CSG) pada hari Sabtu, 31 Maret 2018. Bertempat di ruang rapat Lantai 2 di Gedung Rektorat. Dengan mengusung tema “Wujudkan Koperasi yang Bersinergi”.


Pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Presiden Mahasiswa Unsil, dan Demisioner pengurus dari Kopma. Jumlah anggota yang dilantik adalah 80 orang, diantaranya terdiri dari 25 orang pengurus dan pengawas dengan Ketua Umum Yadi Nurjaman dari Jurusan Pendidikan Matematika tahun 2015 dan Ketua Pengawas Nunung Nurhayati  dari Akuntansi tahun 2015,  serta 55 orang susunan kepengurusan CSG dengan Pemimpin Umum Dikdik Kustian dari Akuntansi tahun 2016. Pelantikan Badan Pengawas dan Pengurus dilantik langsung oleh Wakil Rektor 3, sedangkan untuk CSG dilantik oleh Ketua Umum baru Kopma karena berada di bawah kepengurusan Kopma.


Maksud dari tema yang diusung tersebut ialah dalam berkoperasi harus adanya sinergritas yang mana dalam berkoperasi harus bersinergi, baik itu di internal maupun eksternalnya yaitu UKM lain, BEM US maupun bidang eksternal lainnya, menurut ketua pelaksana pelantikan, Dede Aji Septiandi.  Adapun kendala yang dihadapi pada proses pelantikan ini adalah adanya beberapa perbedaan dan penempatan pada proses di hari pelantikan, terutama berkas-berkas administrasi yang memang belum ada dari kemarin dan baru ada tadi malam, dan juga adanya UTS yang menyebabkan diundurnya pelantikan yang sebelumnya telah direncanakan pada pertengahan Maret.


“Kami akan memperbaiki intern Kopma dulu, dan langkah pertama ya tentunya saya sebagai ketua mungkin memberikan tugas masing-masing pengurus, yang kedua mungkin kami juga sedang mempersiapkan event besar Kopma yaitu Jambore Nasional itu tempatnya di Unsil khususnya, itu salah satu dampak kalo bisa dibilang dampak kemarin Juara Umum di Jambore Nasional di UPI. Mau tidak mau kami harus siap untuk melaksanakan Jambore ini karena bagaimanapun Jambore ini tidak akan datang dua kali ibaratnya”, ungkap Yudi. Untuk persiapan Jambore Nasional sendiri baru sampai pada tahap perekrutan panitia, sedangkan untuk panitia inti sudah dibuat. Rencananya, Jambore Nasional ini akan diadakan di minggu pertama atau minggu kedua di bulan September. 


Untuk terobosan baru atau gebrakan yang ingin diusung oleh Ketua Umum Kopma yang baru ialah ingin bersinergi dengan lembaga. Yudi berharap bisa mendapatkan tender dari Lembaga. Kopma pun sudah mendapatkan legalitasnya untuk menjadi tender. Oleh karenanya mengapa tidak ke  Kopma saja untuk mendapatkan tender.


Harapan untuk Kopma kedepannya dari Yudi Nurjaman ialah Kopma bersinergi dengan Lembaga, Ormawa, Ormada, Pemerintah Kota, juga dengan alumni khusus Koperasi Mahasiswa Unsil. Dan untuk CSG sendiri, semoga untuk CSG tahun ini bisa saling bekerja sama mencapai tujuan visi misi dari Ketua Umum Kopma Unsil.


(Dela & Yusya)


Pelantikan Badan Pengawas dan Pengurus serta Cooperative Student Group (KOPMA): Wujudkan Koperasi Bersinergi Pelantikan Badan Pengawas dan Pengurus serta Cooperative Student Group (KOPMA): Wujudkan Koperasi Bersinergi
Reviewed by LPM Gemercik on Saturday, March 31, 2018 Rating: 5

Fashion

Close