PELANTIKAN AKBAR : MEMBANGUN SINERGISITAS ORMAWA MENUJU FKIP YANG HARMONIS

Gemercik News – Tasikmalaya (05/03) Penandatanganan berita acara pelantikan menjadi bukti dilantiknya Pengurus dan Anggota baru Badan Legislatif Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Himpunan Mahasiswa Jurusan se-FKIP. Gedung Mandala Universitas Siliwangi turut menjadi saksi atas Pelantikan Akbar se-ORMAWA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berlangsung pada pukul 08.00-11.00 WIB dengan mengusung tema “Membangun Sinergisitas Ormawa menuju FKIP yang harmonis” diharapkan dengan kultur yang berbeda antar ormawa, untuk menjadi FKIP yang lebih harmonis tentunya dibutuhkan sinergi dari semua ormawa untuk memajukan FKIP yang majemuk walaupun berbeda jurusan tetapi tetap satu warna, yaitu abu FKIP.

“Tentunya saya bahagia sekaligus mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara pelantikan ini,  sehingga acara pelantikan ini dapat dijalankan sesuai dengan waktu dan acara yang direncanakan. Kemudian pada kesempatan kali ini saya mengucapkan selamat kepada Para Ketua dan anggota BEM, BLM serta para Ketua Himpunan dan anggota jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang telah terpilih sebagai Pimpinan Organisasi serta Pengurus Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,” Ungkap Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Cucu Hidayat, M. Pd.
Selain itu, Asep Nurfadillah Fajar mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi angkatan 2015 selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP periode 2018, memaparkan jumlah anggota dan pengurus yang dilantik pada Pelantikan Akbar kali ini berjumlah sekitar 400 orang dari 10 Himpunan Jurusan ditambah 56 orang dari BEM dan 25 orang dari BLM. Acara ini terselenggara juga berkat kerja keras dari 50 orang panitia gabungan yang terdiri atas Purna Bakti BLM dan Pengurus BLM periode baru.

Asep juga memperkenalkan Kabinet yang diusung BEM FKIP yaitu Kabinet “KITA”
“Kalau kabinet yang diusung dari BEM itu kabinet KITA. KITA itu memiliki banyak makna kalau misalnya diambil dari kepanjangan Keluarga Iman dan Taqwa. Tapi kalau misalnya diambilnya dari katanya  berarti KITA itu lebih kebersamaan, kalau misalnya kita dalam artian disana tidak, berarti kabinet itu bukan milik ormawa saja, bukan milik internal BEM saja tetapi kabinet ini milik kita, milik masyarakat FKIP,” jelas Asep.
Sementara itu, Hamzah Abdul Fattah mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi angkatan 2015 selaku Ketua BLM FKIP periode 2018 memperkenalkan bahwa Parlemen yang diusung BLM FKIP kali ini adalah Parlemen Sinergis, yang berarti menyatukan. Karena BLM sendiri berharap agar ormawa di FKIP bersatu tanpa memandang bahwa perbedaan adalah suatu hal yang tabu.

“Kalau BLM itu Parlemen Sinergis ada artinya secara harfiah untuk sinergisnya itu menyatukan. Karena disini tugasnya BLM walaupun tidak secara eksekutif tetapi ingin dengan harapan bahwasanya ormawa FKIP itu bersatu gitu, tanpa ada namanya memandang perbedaan itu adalah hal yang aneh gitu, inginnya sinergis juga untuk semua yang didalam BLM nya ini apa namanya, harmonis yah. Kepanjangan dari sinergis itu strategis dan harmonis,” papar Hamzah.

Ketua Pelaksana Pelantikan Akbar, Yudi Ginanjar mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2014 yang juga merupakan Purna Bakti BLM FKIP 2017 menambahkan bahwa acara ini terselenggara atas koordinasi yang baik dari setiap jurusan yang dikumpulkan melalui rapat koordinasi.
“Mungkin kami dari panitia pelaksana itu biasanya selalu ada rapat koordinasi, jadi dari kemarin-kemarin itu kita undang semua ormawa yang ada di FKIP untuk merumuskan mau bagaimana pelantikan ini, karena kita di FKIP ini budayanya itu selalu bagaimana kata ormawa saja, ormawa mau seperti apa gitu. Tapi disamping itu, ada keinginan dekan juga sih, jadi ini kolaborasi antara konsepan mahasiswa dan dekan  juga untuk mengumpulkan HMJ sih saya rasa harus melalui surat resmi gitu, karena terlalu banyak, suka susah gitu,” ujar Yudi.
Yudi juga berharap agar kedepannya ormawa di FKIP dapat lebih baik lagi dan para pengurus dapat memahami bagaimana pentingnya berorganisasi dapat menumbuhkan jiwa seorang mahasiswa, serta dapat mempererat kekeluargaan yang merupakan hakikat dari organisasi.

“Harapan saya sebagai purna bakti dan rekan-rekan saya khususnya di BLM dan juga BEM mengharapkan agar kedepannya itu ormawa FKIP lebih baik lagi juga karena di dalam itu pasti setiap tahun ada masalah-masalah apapun itu saya harapkan melalui pelantikan ini, rekan-rekan ormawa bisa mendalami atau memahami bagaimana pentingnya berorganisasi. Dapat menumbuhkan jiwanya sebagi seorang mahasiswa dan juga bisa mempererat kekeluargaan karena organisasi itu hakikatnya dua orang atau lebih yang menjalankan suatu visi dan misi yang sama gitu, dan juga saya harapkan untuk acaranya itu lebih berkualitas lagi, lebih bisa mengajak mahasiswa lah seperti itu,” tambah Yudi.

Asep dan Hamzah juga mengemukakan harapan mereka kedepan untuk organisasi nya masing-masing. Asep berharap terjalinnya kekeluargaan antar ormawa di FKIP yang meskipun berbeda tetapi tetap harus senada. Sementara Hamzah berharap, semoga semua ormawa di FKIP dapat efisien, yaitu semua secara adil bukan dengan disama ratakan, akan tetapi efisien dan adil di semua bidang.
“Harapan saya pribadi sesuai dengan visi yang sudah diusung terjadinya kekeluargaan ataupun terciptanya kekeluargaan masyarakat FKIP, minimalnya di minimalkan itu seluruh ke-ormawa-an FKIP itu semuanya senada meskipun kita berbeda-beda warna, kita beda-beda jurusan, beda-beda apa, tapi semua putusan ataupun semuanya itu satu suara, senada semuanya gitu, terciptanya kekeluargaan yang harmonis di ke-ormawaan FKIP,” ujar Asep.

“Kalau dari Badan Legislatif  Mahasiswa harapannya untuk efisien, maksudnya efisien disini apa namanya semuanya tuh mendapatkan secara adil bukan harus disama ratakan tetapi secara adil dari bidangnya itu, bidang administrasi ataupun anggarannya itu efisien dan apa namanya adil,” tambah Hamzah.
Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika atau HIMAPTIKA angkatan 2016, Sidqi Yajidil Ma’la juga mengungkapkan kesan dan pesannya setelah dilantik menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan.

“Kesan berarti ya berkesan aja. Intinya berkesan, hari ini adalah langkah awal kita organisasi mahasiswa FKIP untuk melangkah menuju organisasi yang bersinergis dengan maksud dan tujuan sesuai dengan visi dan misi Ketua BEM dan BLM FKIP sendiri dan juga tema dari pelantikan kita hari ini. Pesannya itu pasti momen ini menyisakan pesan untuk kita semua khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu untuk menjadi lebih baik lagi,” ujar Sidqi. (Ewrikah & Dwrsnd)
PELANTIKAN AKBAR : MEMBANGUN SINERGISITAS ORMAWA MENUJU FKIP YANG HARMONIS PELANTIKAN AKBAR : MEMBANGUN SINERGISITAS ORMAWA MENUJU FKIP YANG HARMONIS Reviewed by LPM Gemercik on Tuesday, March 06, 2018 Rating: 5

Fashion

Close