Rektor : Saatnya kita Membuat Sejarah Hari Ini

Sumber Foto : Gemercik Media

Gemercik News- Tasikmalaya (24/01) Rektor Universitas Siliwangi Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., M. S. Memberikan sambutan di acara “Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Selama Hidup” agar pada hari ini yang mengikuti penanaman dapat membuat sejarah di kampus baru Universitas Siliwangi Desa Mugarsari Kecamatan Tamansari.

“Hari ini kita akan buat sejarah. Nanti, 20-30 Tahun tanaman yang kita tanam sekarang akan memberikan manfaat dan memberikan kontribusi pada kehidupan selanjutnya,” ujar Rektor Universitas Siliwangi dalam sambutannya pada pembukaan penanaman pohon.

Acara “Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Selama Hidup” yang mengusung tema Unsil Berbakti untuk negeri melalui gerakan tanam dan pelihara pohon selama hidup merupakan program yang berawal dari intruksi Presiden RI kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Seluruh Indonesia yang disampaikan kepada Rektor Perguruan Tinggi di Indonesia.

Di Universitas Siliwangi sendiri, Rektor menunjuk Fakultas Pertanian sebagai pelaksana program. Adapun panitianya terdiri dari perwakilan dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian serta dibantu perwakilan dari BEM dan BLM Universitas Siliwangi.

Koordinator pelaksana penanaman dan pemeliharaan tanaman selama hidup, Dr. Dedi Natawijaya, Drs., M. S. mengungkapkan bahwa penanaman ini adalah awal dari langkah pemeliharaan terhadap lingkungan yang harus dilanjutkan dengan kegiatan lain seperti pemupukan dan penyulaman.

“Acara kali ini tujuannya bukan hanya sekadar menanam saja, melainkan kita juga mengenalkan kepada masyarakat betapa pentingnya penghijauan untuk kehidupan kita di masa yang akan datang,” tutur Dr. Dedi Natawijaya, Drs., M. S. saat ditemui langsung di tempat penanaman.

Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., M. S. juga menyatakan bahwa kampus baru ini akan diberikan Ruang Terbuka Hijau sebesar 50% dari luas kampus baru yang berkisar 30 hektar. Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., M. S. juga menyatakan nantinya Unsil akan menjadi kampus yang dikenal sebagai Green Campus yang berkualitas.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., M. S. juga mengajak agar setelah acara ini, yang mayoritas pesertanya adalah Fakultas Pertanian untuk menjadi contoh dan model dari gerakan menanam pohon ini. Bahkan, Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., M. S. menyarankan dan kalau perlu diberikan SK agar mahasiswa menanam 5-10 pohon selama dia kuliah di Unsil untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Sumber Foto : Gemercik Media

“Setelah penanaman di  kampus ini, nantinya kampus ini bukan kampus yang hanya sekadar hijau. Namun kampus ini akan memberikan lingkungan bersih, nyaman, dan khususnya bermanfaat bagi masyarakat kampus dan sekitarnya,” sambung Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., M. S. dalam sambutannya.

Kemudian, tambahan dari Dr. Dedi Natawijaya, Drs., M. S. menyatakan bahwa penempatan tanaman hasil penanaman ini nantinya akan disesuaikan dengan side plan dengan penataan bangunan dan bernilai seni. Nantinya, hasil penanaman yang akan menjadi Ruang Terbuka Hijau ini akan tersebar dalam beberapa bagian.

“Harapan saya setelah ini, Unsil harus punya rencana ke depan untuk melanjutkan langkah pemeliharaan selanjutnya,” sambung Dr. Dedi Natawijaya, Drs., M. S. .

“Harapannya agar penanaman ini tidak hanya sampai disini, semoga apa yang ditanam bisa bermanfaat bagi saya sendiri ataupun yang lainnya dan masyarakat kampus Unsil,” tutur salah satu peserta penanaman, Hanifah dari Jurusan Agribisnis 2017.(Dzulraqi)
Rektor : Saatnya kita Membuat Sejarah Hari Ini Rektor : Saatnya kita Membuat Sejarah Hari Ini Reviewed by LPM Gemercik on Wednesday, January 24, 2018 Rating: 5

Fashion

Close