Seminar Nasional HMS : Proyek Nasional untuk Peningkatan Ekonomi Nasional



Pembicara Seminar Nasional sedang memberikan materi kepada seluruh peserta. Semnas ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Unsil di Gedung Mandala pada hari Rabu, 25 Oktober 2017. (Sumber Foto: Aris)

Gemerciknews – Tasikmalaya (25/07), Acara Seminar Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) di Mandala berlangsung meriah. Acara seminar nasional dengan tema “Highway Project sebagai Implementasi dalam Menciptakan Proyek Strategis Nasional” ini dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2017 dari jam 08.00 WIB. 

Muhamad Asif, Ketua Pelaksana Acara Seminar Nasional menjelaskan latar belakang dari tema seminar nasional yang diusung. “Karena sudah banyak proyek-proyek seperti jalan tol,bendungan untuk meningkatkan ekonomi Indonesia,” katanya. Asif juga memaparkan bahwa pembangunan tersebut merupakan proyek strategis nasional yang tengah gencar dilakukan pemerintah untuk peningkatan ekonomi nasional.

“Kami sepakat memilih tema ini karena pemerintah juga sangat gencar untuk meningkatkan ekonomi Indonesia,” tutur Asif saat ditemui di gedung Mandala Universitas Siliwangi. 

Tujuan diadakannya seminar nasional ini adalah untuk memberikan informasi pada mahasiswa teknik sipil tentang proyek yang dipegang pemerintah secara langsung yang mengambil andil pembangunan nasional. Bukan hanya itu, Asif juga berharap bahwa mahasiswa Teknik Sipil dapat berpikir kritis. Maksud kritis menurut Asif adalah mahasiswa teknik sipil bisa memberikan bantuan atau saran tentang bagaimana pembangunan yang layak dan pembangunan yang sesuai dengan prosedurnya.

Walaupun tujuan yang disebutkan dikhususkan untuk mahasiswa Teknik Sipil, seminar nasional ini juga dihadiri oleh peserta selain dari jurusan Teknik Sipil, yaitu ada dari instansi yang berkaitan dengan teknik sipil. Untuk jumlah peserta yang hadir sebanyak kurang lebih 250 orang.

Ir. Brawijaya, SE., MEIE., Ph.d. selaku Ketua Bidang Perencanaan Infrastruktur Kawasan Strategis Sekretariat BPIW Kementrian PUPR menjadi salah satu pembicaranya. Lalu Hendra, S.T., M, Sc. Selaku Dosen Transportasi Jurusan Teknik Sipil Universitas Siliwangi juga menjadi pembicara. Namun yang sangat disayangkan, salah satu pembicara utama tidak bias hadir saat dikonfirmasi H-1 oleh panitia. Dr. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc. yang merupakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI tidak bias menghadiri acara. “Karena Pak Presiden sedang banyak pembangunan, jadi Menteri juga ikut mendampingi Presiden,” ucap Asif mengklarifikasi. 

Walaupun pembicara utama tidak bisa menghadiri acara, seminar nasional yang merupakan tanggungjawabi oleh Departemen Pendidikan tetap berjalan dengan meriah. Acara ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Sipil dengan tema yang setiap tahun berbeda, sesuai dengan pembangunan atau trend setiap tahunnya. (Fiqhi & Aris)
Seminar Nasional HMS : Proyek Nasional untuk Peningkatan Ekonomi Nasional Seminar Nasional HMS : Proyek Nasional untuk Peningkatan Ekonomi Nasional Reviewed by LPM Gemercik on Wednesday, October 25, 2017 Rating: 5

Fashion

Close