Pariwisata Goes to Campus di Universitas Siliwangi; Mahasiswa Perlu Jadi Agen Perubahan Membangun Kepariwisataan Indonesia

Tasikmalaya, 23/08/2017. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengadakan Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia Kepariwisataan (Pariwisata Goes to Campus) yang kali ini bertempat di Gedung Mandala Universitas Siliwangi. Peserta yang menghadiri kegiatan ini ialah 500 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa aktif di Universitas Siliwangi serta mahasiswa dari luar Universitas Siliwangi. 


Kegiatan yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata RI atau lebih jelasnya oleh Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan yakni Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepariwisataan ini mendapat materi dari narasumber Deputi Bidang Pengembangan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata RI . Suatu kebanggaan bagi Kota Tasikmalaya, terutama Universitas Siliwangi karena selain dihadiri oleh Rektor Universitas Siliwangi, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Ferdiansyah, S.E., M.M. seorang kandidat Doktor di bidang Manajemen Pendidikan.

Agus Yuliyanto sebagai ketua pelaksana kegiatan ini, beliau adalah seorang Kasubid. Kementerian Kepariwisataan RI menyatakan laporannya perihal pelatihan dasar yang dilakukan di kampus Universitas Siliwangi, "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu tentang kepariwisataan," ucapnya.


Kegiatan ini juga memberikan minat yang besar untuk diikuti, selain karena fasilitas kaos dan makanan yang diberikan, tapi juga karena manfaat dari kegiatan ini sendiri. Widya Mauludi selaku peserta pun mengungkapkan rasa bangganya karena telah mengikuti kegiatan ini, "Saya bangga dan merasa terhormat, karena narasumbernya merupakan orang yang punya intelektual dan kualitas tinggi, dan mendapat manfaat dari ilmu baru yang didapat terhadap kecintaan kepariwisataan Indonesia" ucap mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi ini. 

Materi pertama dalam pelatihan ini ialah Dukungan Legislatif Dalam Pengembangan Pariwisata Nasional Melalui Peran Perguruan Tinggi dengan pemateri H. Ferdiansyah, S.E., M.M. Beliau juga telah membuat Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia No. 5 tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan. Adapun tinjauan hukum yang beliau sampaikan dalam kesempatan tersebut ialah UU No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan; pasal 53, UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional; pasal 19, 20, 21, 22, 23, 24 dan 25, dan UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. 

Materi Pembangunan Kepariwisataan Indonesia pada kali ini disampaikan oleh Prof. Dr. H. M. Ahman Sya yaitu Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Suatu kebanggaan pula bagi Universitas Siliwangi karena beliau pernah menjadi Guru Besar Universitas Siliwangi. Beliau juga memberikan semangat terhadap pembangunan wisata di Indonesia yang bahkan devisa pariwisata di Indonesia telah melampaui devisa dari minyak bumi dan gas. Ia menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara yang punya potensi daerah yang sangat hebat akan pariwisatanya, bukan hanya keindahan alamnya, tetapi juga wisata kuliner serta adat budaya yang ada di Indonesia sangat menarik dan perlu terus dibangun agar jadi lebih baik. 

Pada seminar ini pula dijelaskan bagaimana wisata budaya terutama benda cagar budaya yang dijelaskan sehingga mahasiswa mulai mengetahui peninggalan-peninggalan budaya yang ada di Indonesia, terutama di Tasikmalaya sendiri. Meskipun sebagian wilayahnya dimiliki oleh masyarakat hingga sulit dipantau pemerintah, namun wisata tetap tercatat. Tasikmalaya begitu memukau dengan wisata yang dimilikinya meliputi wisata alam, wisata religi, wisata kriya hingga wisata kuliner. Pemateri-pemateri yang ada begitu mengharapkan mahasiswa sebagai agen perubahan dapat memberikan dampak yang baik terhadap pembangunan wisata di Indonesia, khususnya mahasiswa di Kota Tasikmalaya ini. 

(Iftihal Muslim Rahman)
Pariwisata Goes to Campus di Universitas Siliwangi; Mahasiswa Perlu Jadi Agen Perubahan Membangun Kepariwisataan Indonesia Pariwisata Goes to Campus di Universitas Siliwangi; Mahasiswa Perlu Jadi Agen Perubahan Membangun Kepariwisataan Indonesia Reviewed by LPM Gemercik on Thursday, August 24, 2017 Rating: 5

Fashion

Close