OMBUS Jurusan PJKR Lebih Kepada Orientasi Kampus daripada Pengkaderan

Mulai dari hari Senin tanggal 7 Agustus sampai hari Rabu 9 Agustus 2017, Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi angkatan 2017 mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi atau yang lebih populer dengan singkatan 'OMBUS'. Tak usai disana, masa pengenalan lingkungan kampus pun dilanjut dengan OMBUS Fakultas pada hari berikutnya, Kamis 10 Agustus 2017 dan diakhiri dengan adanya OMBUS Jurusan sebagai rangkaian terakhir OMBUS.

OMBUS Jurusan yang dilaksanakan setiap himpunan masing-masing tentu ingin menampilkan yang terbaik untuk adik-adik tingkatnya. Dengan tema “Menciptakan mahasiswa PJKR yang berintelektual, aktif, kreatif dan inovatif dalam dunia pendidikan,” Himapenjas (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Jasmani) berhasil melaksanakan OMBUS jurusan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. OMBUS jurusan PJKR ini diikuti sebanyak 204 mahasiswa baru, yang terdiri dari 166 peserta laki-laki dan 38 peserta perempuan dan 6 peserta yang berhalangan hadir karena alasan tertentu.


Tahun ini, Himapenjas  mengadakan OMBUS jurusan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Febrian Putra Nugraha mahasiswa PJKR angkatan 2015 selaku Ketua Pelaksana OMBUS jurusan PJKR memaparkan OMBUS PJKR tahun ini. “Pada tahun ini OMBUS jurusan PJKR benar-benar mengadakan orientasi kampus dan pengenalan-pengenalan yang lebih menyenangkan tanpa adanya unsur-unsur pengkaderan yang cenderung menekan mental. Kalau mau pengkaderan nanti kan ada tempatnya pada P2KM mendatang,” paparnya.

Acara OMBUS Jurusan di PJKR dibuka dengan upacara pembukaan yang dilanjut dengan pengenalan jajaran dosen pengejar dan materi tentang pengetahuan perkuliahan yang berbeda dengan cara pembelajaran di instansi pendidikan sebelumnya. Bapak H Gumilar Mulya M.Pd. selaku pemateri menyampaikan materi mengenai cara pembelajaran di lingkungan kampus seperti pengetahuan apa itu SKS, apa itu IPK, bagaimana kontrak mata kuliah, dan pengetahuan-pengetahuan lainnya untuk menunjang hal-hal yang diperlukan selama masa perkuliahan.


Setelah itu peserta dikenalkan dengan beberapa demisioner Himapenjas yang menyempatkan hadir untuk acara ini. Tak lupa juga dengan pengenalan jajaran kepengurusan Himapenjas yang aktif pada periode ini. Tak sampai disana, Himapenjas juga membuat video khusus pengenalan lingkungan kampus. Pada acara ini juga peserta melaksanakan formasi kekompakan yang membentu tulisan “PJKR” sebelum akhirnya dikembalikan ke panitia OMBUS Fakultas.

Di akhir wawancara, Febrian berharap peserta OMBUS jurusan PJKR tahun ini dapat memberi dampak positif dan menciptakan mahasiswa PJKR yang lebih baik lagi sesuai yang tertulis pada tema. (Priatno)
OMBUS Jurusan PJKR Lebih Kepada Orientasi Kampus daripada Pengkaderan OMBUS Jurusan PJKR Lebih Kepada Orientasi Kampus daripada Pengkaderan Reviewed by LPM Gemercik on Saturday, August 12, 2017 Rating: 5

Fashion

Close