Begini Kesan Pertama Mereka Tentang OMBUS 2017



Suasana mahasiswa baru 2017 saat dikumpulkan di Lapangan Utama Universitas Siliwangi untuk mengambil jas almamater di Gedung Mandala. (Jumat, 04 Agustus 2017) sumberfoto:Allifiana

GemercikNews – Tasikmalaya (04/08), 07.00 WIB Lapangan Utama Universitas Siliwangi sudah dipadati oleh mahasiswa baru 2017. Dengan berpakaian formal sopan dan bersepatu, Maba 2017 terlihat antusias menanti pembagian jas almamater. Acara pembagian almamater memang tidak termasuk pada rangkaian OMBUS (Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi), namun pembagian kelompok OMBUS diumumkan saat berlangsungnya pembagian jas almamater.

07.30 WIB Panitia dari pihak mahasiswa didampingi oleh beberapa perwakilan dari Lembaga, memulai kegiatan dengan mengabsen satu persatu Maba. Hanya bermodalkan toa dan sound untuk mengabsen, begitu menghambat kegiatan tersebut. Satu persatu Maba memasuki Gedung Mandala untuk mengambil jas almamater dan buku panduan. Namun mahasiswa baru dengan jalur Ujian Mandiri masih belum bisa mengambil jas almamaternya.

Akbar, Mahasiswa Baru 2017 dari Jurusan PJKR memberi tanggapan. “Menurut saya, dari kesan pertama dikumpulkan di Lapangan kurang efektif. Kurang tertib,” keluhnya. Akbar juga merasa bahwa panitia masih kurang optimal dan belum siap untuk menyambut kedatangan Maba 2017. “Panitia belum optimal. Dijadwalkan pengambilan jas almamater, tapi yang UM belum dapet, orang Kuningan dan yang jauh kasian,” ungkap Maba asal Kuningan itu. Bukan hanya kurang efektifnya acara dan kesiapan panitia yang belum optimal, Akbar juga mengeluhkan informasi yang kurang jelas di website Unsil. “Beda-beda. Ada yang diundur. Jadinya bingung,” tambahnya.

Ayu juga berpendapat sama dengan Akbar. Mahasiswa Baru 2017 dari jurusan Pendidikan Luar Sekolah itu menyampaikan bahwa panitia terlihat belum siap menyambut maba. “Jujur ya, belum seratus persen siap,” tuturnya. Alumni SMAN 5 Tasikmalaya itu juga menambahkan bahwa seharusnya pembagian kelompok sudah diumumkan dari hari sebelumnya.

Sekitar pukul 09.00 WIB, Kelompok 41 Putri masih menunggu di depan Gedung Mandala. Mereka masih belum memasuki Gedung Mandala dan menunggu dengan duduk di trotoar depan Lapangan Utama. Mereka mengeluhkan sudah menunggu dari jam 07.30 WIB dan merasa kepanasan. Disinggung mengenai tidak adanya formasi di OMBUS tahun ini, salah satu dari mereka mengaku kecewa. “Kecewa tidak ada formasi. Denger-denger cuma materi aja ya kaya ceramah. Padahal biar seru itu ada formasi,” katanya.

Perbedaan OMBUS tahun ini dengan tahun sebelumnya cukup mencolok. Mulai dari konsepan acara bahkan kepanitiaan. Dedi Suhendi, salah satu anggota dari seksi P3K beranggapan bahwa saat ini Universitas Siliwangi membutuhkan Presiden Mahasiswa dan kembali mengaktifkan DLM dan DEM. “Ternyata tanpa Presma, terlihat sangat kacau sekali,” keluhnya. Bahkan Dedi memiliki prediksi bahwa OMBUS tahun ini tidak akan berlangsung efektif. “Lembaga memiliki konsep sendiri yang tidak diberikan kepada panitia pihak mahasiswa,” katanya.

Salah satu seksi absensi juga berpendapat hal yang sama. Adang, mengaku tidak terlalu tahu mengenai konsepan acara OMBUS tahun ini. Ia merasa malu ketika ada Maba yang bertanya padanya perihal OMBUS. “Daripada salah menyampaikan, ya saya bilang apa adanya saja,” katanya. Banyak perbedaan OMBUS tahun sekarang dengan sebelumnya, karena tahun 2016 Adang juga ikut berpartisipasi menjadi seksi Pemandu. “Dulu ya, OMBUS dipegang oleh mahasiswa yaitu yang bertindak DEM. Namun untuk sekarang, OMBUS oleh lembaga,” paparnya. Menurutnya yang menjadi masalah saat ini adalah informasi yang diberikan kepada panitia pihak mahasiswa sangat kurang. “Saya merasa prihatin terhadap OMBUS sekarang, kurang keterbukaan. Meskipun lembaga menyatakan bahwa lembaga akan terbuka. Ya disebut kacung mah kacung, tapi ini juga bakti untuk Universitas,” tambahnya. Adang merasa kecewa melihat hari pertama penyambutan maba terlihat semrawut menurut penglihatannya. Tapi Adang tidak bisa berbuat apa-apa, “Ya mau gimana lagi?” katanya mengakhiri wawancara. (FajKus&Er)
 
Suasana pembagian jas alamamter dan buku panduan untuk mahasiswa baru 2017 di Gedung Mandala. (Jumat, 04 Agustus 2017) Sumberfoto:er
 
Begini Kesan Pertama Mereka Tentang OMBUS 2017 Begini Kesan Pertama Mereka Tentang OMBUS 2017 Reviewed by LPM Gemercik on Friday, August 04, 2017 Rating: 5

Fashion

Close