Himapbio Juara, Ridwan Sa’adi: “Pertahankeun tur Pancegkeun Piala Bergilir Juara Umumna!”

GemercikNews – Tasikmalaya. Menuntut ilmu di lingkungan yang dilatih untuk menjadi seorang panutan menjadi syarat mutlak bersikap kreatif sehingga lahir menjadi seorang juara. Himpunan Mahasiswa Biologi (Himapbio) yang merupakan salah satu himpunan mahasiswa jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi mampu membuktikannya dengan tampil kreatif dan apik, sampai akhirnya dapat memboyong piala bergilir pada Pangjajap Wisuda FKIP bulan Juli yang diselenggarakan pada Sabtu (29/07).

Ridwan Sa’adi, pengurus Himapbio anggota divisi kesejahteraan yang ditunjuk menjadi Ketua Pelaksana Pangjajap Wisuda Himapbio mengungkapkan rasa syukurnya. Ridwan merasa bersyukur sekali diberi kepercayaan untuk menjadi juara umum pada kegiatan Pangjajap Wisuda Juli kali ini, ditambah lagi ini merupakan pengalaman pertamanya menjadi Ketua Pelaksana suatu acara. “Jujur ya sebelum-sebelumnya saya bukan anak organisator, kerjaanya cuman sekolah pulang-sekolah pulang, bisa dibilang ini kali pertama dalam hidup saya diamanahi sebagai ketua pelaksana suatu kegiatan dan hasilnya alhamdulillah memuaskan sesuai dengan rencana yang saya harapkan.”

Ditanya mengenai konsepan acara dan dekorasi stand, Ridwan memaparkan bahwa Himapbio sendiri telah melaksanakan ancang-ancang bahkan sebelum BEM memaparkan tema acara. “Jadi pas sebelum libur panjang, saya telah mengumumkan koordinator dari setiap seksinya dan langsung melaksanakan rapat koordinator, untuk membicarakan kesiapannya.”

Dengan adanya ancang-ancang ini, Ridwan merasa tidak terbebani karena sudah ada sedikit gambaran. Ditambah lagi dengan adanya komitmen dan kerja sama yang baik antar pengurus Himapbio. “Sebentar lagi kan akan diadakan acara akbarnya biologi yaitu Bioleaf, yang mana acara tersebut memerlukan persiapan yang lumayan panjang, jadi kami pengurus Himapbio telah melakukan kesepakatan sebelumnya untuk kembali ke kampus pada tanggal 14 Juli (kalau tidak salah), jadi alhamdulillah pada tanggal yang sudah ditentukan rekan-rekan pengurus sudah berada dikampus,” paparnya.

Ridwan Sa'adi (@sa_alit) saat membawa piala bergilir

Tak hanya kompak dalam segi kepanitiaan, persiapan Himapbio dalam Pangjajap Wisuda Juli ini terbilang sangat matang. Terbukti dari hasil rancangan untuk Recycle Fashion Show yang diperagakan 2 pengurus Himapbio yang mampu membuat 8 jurusan lain terkagum-kagum. Ridwan mengatakan pakaian tersebut sudah jadi H-2 sebelum acara, ia pun kembali bersyukur atas kegesitan rekan-rekan pengurusnya yang saling bahu-membahu merancang pakaian yang sudah dirancang sebelumnya. Tak heran bila hasil rancangan ini berhasil membawa Himapbio keluar menjadi juara 1 Recycle Fashion Show.


Berbeda dengan Stand Up Comedy, Ridwan menjelaskan persiapan Stand Up Comedy ini sangat mendadak, Himapbio sebelumnya menunjuk salah satu rekan pengurus untuk tampil di Stand Up Comedy, namun yang bersangkutan tak jadi tampil karena ada acara keluarga yang tak dapat ditinggalkan. “Langsung saja kami menunjuk dengan terpaksa ke salah satu rekan saya yang lain yaitu Haykal, yang sebelumnya tak diduga-duga juga dia akan tampil,” papar Ridwan. Berbekal waktu yang mepet saat menulis materi, akhirnya Haykal mampu keluar menjadi juara 2 Stand Up Comedy. “Kalau dibilang, dia cukup jago karena cuman menulis materi dalam waktu kurang dari 6 jam sebelum acara, dan tak disangka-sangka juga kita akhirnya mendapatkan juara 2. Pokoknya ini mah benerlah capek-capek, tidur kurang, bahkan celana yang robek akibat tarik tambang terbayarkan dengan hasil yang memuaskan.”

Ditanya perihal kendala, Ridwan merasa tidak ada banyak kendala yang dihadapi. Pada pangjajap kali ini, ia berprinsip menghadapinya dengan senyuman dan kekeluargaan, jadi semua kendala pun dapat teratasi, “Kebanyakan untungnya teh bukan kendalanya,” jelas.

Ridwan mengaku hanya merasa bingung dengan tema dekorasi yang disyaratkan BEM kepada setiap HMJ, karena cenderung umum. Kedepannya ia meminta pihak BEM bisa mengkaji dan mengevaluasi kembali hal tersebut. Ia pun membeberkan tanggapan, saran dan harapan untuk BEM FKIP, “Cukup bagus ya untuk melaksanakan pangjajap wisuda ini, karena ini kan sebagai tanda kita untuk menyambut kakak-kakak tingkat kita yang telah selesai menempuh pendidikannya, tong diereunan we, kalo itu positif pertahankan. Semoga pangjajap wisuda yang akan datang lebih meriah lagi, kalau bisa ada bintang tamu artis terkenal minimal payung teduhlah,” harapnya sambil tertawa.

Ridwan pun berharap pengurus Himapbio bisa mempertahankan piala bergilir juara umum. “Gak muluk-muluk ya kalo bisa pertahankeun, pancegkeun piala bergilir juara umumnya kalau saya bilang ke rekan-rekan pengurus pertahankeun piala anu dikotakana,” tutupnya. (Sne)
Himapbio Juara, Ridwan Sa’adi: “Pertahankeun tur Pancegkeun Piala Bergilir Juara Umumna!” Himapbio Juara, Ridwan Sa’adi:  “Pertahankeun tur Pancegkeun Piala Bergilir Juara Umumna!” Reviewed by LPM Gemercik on Monday, July 31, 2017 Rating: 5

Fashion

Close