Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi 2017



Setelah dinegerikannya Universitas Siliwangi pada tahun 2014 lalu, secara otomatis, kini Universitas Siliwangi membuka beberapa jalur pendaftaran yang di antaranya adalah SNMPTN, SBMPTN dan ujian mandiri (UM). Tahun 2017 menjadi tahun ketiga Universitas Siliwangi menyelenggarakan SNMPTN dan SBMPTN. Pada penerimaan tahun ini, Universitas Siliwangi menerima ±2.690 mahasiswa baru yang terbagi pada 3 jalur penerimaan, penerimaan untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN sebanyak 30%, SBMPTN sebanyak 30%, dan Ujian Mandiri sebanyak 40%. Kuota tersebut sudah termasuk pada tiga jenjang pendidikan yang ada di Universitas Siliwangi, yaitu Diploma 3 (D3), Strata 1 (S1) dan Magister (S2).

Peminat yang ingin masuk Universitas Siliwangi jalur SNMPTN tahun ini mencapai ±8.000 – 11.000 siswa, dan sebanyak 729 siswa sudah diterima, sedangkan untuk SBMPTN dan UM Universitas Sliliwangi juga diprediksi akan mengalami peningkatan jumlah peminat. Sesuai jadwal yang sudah ditentukan, hasil SBMPTN akan di umumkan pada tanggal 14 Juni dan dilanjutkan dengan daftar ulang pada tanggal 14 Juni. Sedangkan UM akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni sampai dengan 5 Juli.

Untuk menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas dan mempunyai integritas, secara selektif Universitas Siliwangi menerima mahasiswa baru dengan beberapa kriteria yang di antaranya adalah untuk siswa yang punya prestasi di sekolahnya, paling tidak secara nilai rapor yang baik dan memiliki prestasi non-akademik seperti prestasi dalam olahraga maupun kesenian. Namun yang paling diprioritaskan tetaplah nilai akademik.


Ira Seliawati, Alumni SMAN 5 Tasikmalaya adalah salah satu calon mahasiswa baru yang berhasil masuk Universitas Siliwangi jurusan Agroteknologi mengungkapkan alasannya memilih Universitas Siliwangi sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Alasan saya memilih Unsil karena saat ini Unsil sudah menjadi PTN dan kebetulan terdapat jurusan yang saya minati. Saya masuk Unsil karena keinginan sendiri dan Alhamdulillah karena Unsil sudah menjadi negeri, biaya kuliah tidak terlalu memberatkan karena bisa disesuaikan dengan pendapatan orang tua.,” ujar Ira memaparkan isi hatinya.

Pada ajang SNMPTN, para calon mahasiswa bersaing sengit demi mendapatkan jurusan yang diminatinya. Dari sekian banyak jurusan yang terdapat di Universitas Siliwangi, jurusan managemen dan informatika menjadi dua jurusan yang paling diminati pada ajang SNMPTN 2017.

Universitas Siliwangi menerima mahasiswa baru melalui jalur Ujian Mandiri lebih besar dibandingkan dengan SNMPTN dan SBMPTN sebesar 40%. Hal ini dikarenakan untuk mengakomodasi calon mahasiswa yang dari daerah Tasikmalaya. Kebijakan ini ternyata merupakan imbauan dari Pemerintah Daerah agar memprioritaskan wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya demi maju dan berkembangnya taraf pendidikan lokal. (Aliffian, Muchlis)
Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi 2017 Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi 2017 Reviewed by LPM Gemercik on Sunday, June 18, 2017 Rating: 5

Fashion

Close