Bagaimana Kabar Kampus Baru Unsil?




Mahasiswa Universitas Siliwangi (Unsil) sudah lama berharap akan terealisasinya pembangunan kampus baru. Banyak mahasiswa yang mulai mempertanyakan akan kelanjutan dari rencana pembangunan kampus baru ini. Melihat kondisi kampus yang belum memadai, fasilitas yang masih terbatas, serta keberlangsungan proses akademik yang belum kondusif membuat mahasiswa terus berharap pembangunan kampus baru dapat segera terselesaikan, agar semua kegiatan perkuliahan bisa terintegrasi. 

Nampaknya rencana mengenai pembangunan kampus baru Universitas Siliwangi yang berlokasi di Kelurahan Mugarsari, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, yang telah direncanakan jauh-jauh hari, kini mulai menemukan titik terang. Dalam perkembangannya, pembangunan kampus baru saat ini dalam proses pembukaan jalan untuk akses masuk bahkan, sudah bisa dilalui oleh beberapa kendaraan. 

Lina Marlina, S.P. selaku Bagian Rumah Tangga dan Sarana Prasarana memberikan tanggapan mengenai rencana pembangunan kampus baru. “Akhir tahun kemarin, kita sudah mulai tahap pembukaan jalan dan memang dari Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), jika pembangunan ini ingin dibangun oleh Kementerian PUPR maka harus ada akses jalan. Jadi, akhirnya kemarin sisa anggaran yang tidak dipakai daripada dikembalikan ke negara lebih baik dipakai untuk biaya pembukaan jalan, walaupun masih (dalam tahap) pengurugan tetapi sudah bisa dilalui oleh kendaraan,” paparnya. Adapun progres ke depan setelah selesai pembukaan dan pembenahan jalan nantinya akan dibangun benteng pembatas di area lahan kampus baru. Rencananya setelah pembangunan di kampus yang berlokasi di jalan Siliwangi selesai, maka selanjutnya akan didahulukan untuk memulai pembangunan gedung Fakultas Pertanian di Mugarsari

Berdasarkan keterangan dari Kepala Bagian Rumah Tangga dan Sarana Prasarana bahwa Kementerian PUPR (Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat) akan menghibahkan sebagian lahan yang nantinya akan dipakai untuk pembangunan Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa). Rusunawa ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai fasilitas tempat tinggal. Rencananya pembangunan Rusunawa akan dimulai pada tahun 2018 mendatang.

Berdasarkan Master Plan akan ada beberapa fakultas yang dipindahkan, dan beberapa fakultas baru yang akan didirikan di kampus baru yang terletak di Mugarsari, di antaranya adalah: 

1. Fakultas Agama Islam

2. Fakultas Bahasa, Seni, dan IPS

3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

4. Fakultas Kedokteran

5. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

6. Fakultas Matematika dan IPA

7. Fakultas Pertanian

8. Fakultas Teknik

9. Politeknik

Pembangunan kampus baru ini akan menampilkan suasana yang berbeda dari kampus yang saat ini ditempati, sarana dan fasilitas bagi mahasiswa akan lebih layak, serta proses pembelajaran akan lebih efektif dan kondusif. Akan banyak fasilitas yang dibangun sebagai penunjang proses akademik mahasiswa, salah-satunya akan dibangun museum sebagai sarana penelitian bagi mahasiswa, beberapa sarana olahraga mulai dari kolam renang, lapangan tenis, dan lapangan indoor. Selain itu akan dibangun pula asrama bagi mahasiswa dan mahasiswi, green house, kebun percontohan yang dapat dimanfaatkan dan dikelola oleh mahasiswa, serta beberapa fasilitas lainnya yang akan menunjang proses akademik mahasiswa. 

Mahasiswa Unsil menyimpan harapan besar kapada pihak lembaga untuk segera menyelesaikan pembangunan kampus baru. Udi Junedi Mahasiswa Manajemen Keuangan dan Perbankan angkatan 2014 memberi tanggapan. “Saya rasa pembangunan kampus baru Universitas Siliwangi yang di mugarsari masih belum optimal, lembaga terlalu mengoptimalkan pembangunan kampus yang di sini dibandingkan pembangunan kampus baru, sehingga pembangunan kampus baru yang di mugarsari terbengkalai,” paparnya. Udi juga berharap semoga rencana pembangunan kampus baru dapat segera diselesaikan. “Semoga dengan adanya pembangunan kampus baru, Unsil tidak hanya menjadi universitas terbaik se-priangan timur tapi untuk kedepannya Unsil bisa menjadi kampus terbaik di kancah nasional,” ungkapnya.

Akan banyak dampak yang dirasakan terkait dengan pembangunan kampus baru ini, salah-satunya yaitu proses akademik mahasiswa kedepannya akan lebih efektif karena ditunjang oleh sarana dan fasilitas yang sangat memadai. Semua kegiatan kampus akan lebih terintegrasi, serta dengan adanya kampus baru akan menjadi daya tarik bagi mahasiswa baru dan menjadi peluang bagi Universitas Siliwangi untuk menjadi salah satu PTN terbaik di Indonesia. Pembangunan kampus baru ini ternyata tidak hanya memberikan dampak baik bagi warga Unsil, melainkan masyarakat sekitar pun turut merasakannya. Dengan dibukanya akses jalan baru, masyarakat di Kelurahan Mugarsari turut merasakan manfaat atas pembangunan kampus baru Universitas Siliwangi. Akses jalan di sekitar Mugarsari menjadi lebih mudah dilalui oleh warga yang akan memperlancar aktivitas warga sehari-hari. (Rina Amelia)
Bagaimana Kabar Kampus Baru Unsil? Bagaimana Kabar Kampus Baru Unsil? Reviewed by LPM Gemercik on Sunday, June 18, 2017 Rating: 5

Fashion

Close