Peringati Hari Bumi, Himageo Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Hari Sabtu (22/04) ternyata memiliki makna tersendiri untuk mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Pasalnya, pada tanggal ini terdapat salah satu peringatan yang wajib diperingati, yakni adanya peringatan Hari Bumi (Earth Day). Himpunan Mahasiswa Geografi (HIMAGEO) menggelar aksi untuk memperingati hari bumi dengan mengajak masyarakat untuk lebih peduli lingkungan. Acara yang berlangsung selama dua hari ini digelar di dua tempat, yaitu dengan melakukan sosialisasi di SDN 2 Sukagalih, Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu (22/04) dan melaksanakan karnaval di Car Free Day HZ. Mustafa Tasikmalaya Minggu (23/04).

 

Riska Sri Rahayu (2015) selaku ketua pelaksana memaparkan kegiatan tersebut. “Kegiatannya (hari pertama) itu kita mengadakan sosialisasi agar generasi muda dapat peduli terhadap lingkungan, mencintai lingkungan dan dapat menjaga bumi kita ini. Terus yang kedua kita mengadakan kegiatan penanaman pohon, itu merupakan aksinya gitu, agar anak SD di SDN 2 Sukagalih ini dapat menerapkannya.” Penanaman dilakukan oleh siswa kelas 4 dan 5 di lingkungan SDN 2 Sukagalih, karena menurut Riska di sekolah tersebut kurang penghijauannya.

Adapun untuk hari kedua yang dilaksanakan di Car Free Day ini, Himageo menggelar karnaval tentang hari bumi, teatrikal dan pagelaran sekar wangi. “Nah, disini karnavalnya ada beberapa yang menggunakan kostum dari sampah, itu merupakan kerajinan yang kami buat dari sampah dan aksi teatrikalnya. Ada (juga) orasi yang bertujuan agar masyarakat peduli terhadap lingkungan,” papar Riska.

 
Saat ditanya mengenai kendala yang dihadapi, Riska merasa hampir tidak ada kendala yang begitu serius, terutama saat kegiatan hari pertama di SDN 2 Sukagalih. “Siswanya sangat kooperatif, sangat semangat sekali, dan guru-gurunya juga sangat menyambut hangat kami, sangat menerima kedatangan kami dan sangat senang gitu atas aksi yang kami lakukan.”

Di akhir wawancara, Riska berharap generasi muda sekarang dapat lebih peduli terhadap lingkungan, misalnya mulai dari hal kecil saja yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Ya kita selaku manusia harus menjaga lingkungan, kalau bukan kita siapa lagi? Karena ini merupakan tempat tinggal kita,” tutup Riska.

(Sne, Dini)
Peringati Hari Bumi, Himageo Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Peringati Hari Bumi, Himageo Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Reviewed by LPM Gemercik on Monday, April 24, 2017 Rating: 5

Fashion

Close