Menghilangkan Rasa Malas

saya malas
ilustrasi via priangga.we.id

Malas adalah kondisi diri yang tidak bergairah menjalankan sesuatu. Rasa malas adalah penyakit paling mengerikan yang dapat menghambat kesuksesan seseorang jika kita membuat rencana untuk membangun usaha dari nol dengan matang-matang, kemudian saat berusaha malah tersandung dengan rasa malas, hal itulah yang akan menghambat sebuah kesuksesan.

Banyak yang tidak berhasil akibat dirinya tidak mampu menolak rasa malas tersebut, begitupun sebaliknya. Biasanya orang yang sukses itu tidak pernah berhenti mencoba, berusaha mencari titik kesalahan dan selalu semangat ketika menjalankan sesuatu.


Malas adalah hal yang wajib untuk diperhatikan, jika tidak maka bisa membawa dampak negatif terhadap karir, pendidikan bahkan kesehatan. Kebiasaan malas bisa timbul saat kita terdesak, sehingga lebih baik tidak melakukannya ketimbang mendapatkan sesuatu hal yang lebih buruk. Contoh, “Aduh, pergi jam segini sih namanya cari mati. Dosen mana mungkin bolehin aku masuk kelas?”

Dan akhirnya, seseorang pun memilih untuk tidak berangkat kuliah. Padahal, belum tentu hari itu dosen akan datang dan memimpin kelas. Dosen juga tidak akan sejahat itu mengusir mahasiswa dari kelasnya, jika kita mampu memberikan penjelasan yang tepat dan bisa di mengerti.

Pemalas umumnya tidak berani menerima tantangan. Kita pun mungkin akan kehilangan momen untuk berkembang. Ketika mengatakan “tidak” terhadap sebuah kesempatan. Oleh karena itu, berikut ini adalah ulasan sedikit cara mengatasi rasa malas: 

1. Menata hidup
Rasa malas terkadang muncul akibat pola hidup yang tidak teratur dan berantakan. Buatlah hidup Anda lebih berwarna, dengan melakukan kegiatan yang positif. Dengan itu Anda bisa menghindari diri dari rasa malas. 

2. Kerjakan hal yang sulit di pagi hari
Pagi hari adalah jam-jam dimana otak berkonsentrasi tinggi dan tubuh sedang berkobar semangatnya. Biasakan ketika bangun pagi, sarapan, dan mandi serta langsung kerjakan hal yang menurut kita sulit di pagi hari. Jangan ditunda-tunda hingga siang hari apalagi sampai larut malam.

3. Berikan motivasi pada diri sendiri
Ini adalah yang terpenting, hanya diri anda sendirilah yang bisa melawan rasa malas anda. Buat motivasi untuk diri anda sendiri agar tidak terjebak dalam kemalasan.

4. Olahraga rutin
Olahraga merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, jika setiap hari kita ingin berolahraga maka rasa semangat yang tertanam dalam tubuh seakan tak ada habisnya. Rasa malas juga dapat terjadi akibat tubuh kekurangan asupan nutrisi berupa vitamin dan kurangnya olahraga. Maka dari itu, dalam sehari luangkan sedikit waktu untuk berolahraga.

5. Ganti kalimat “Bagaimana nanti” menjadi “Nanti bagaimana”
“Bagaimana nanti”, memberi arti seakan-akan kita pasrah terhadap sesuatu yang akan terjadi nanti. Kita cenderung berbuat senaknya dan semaunya. Karena tidak memikirkan bagaimana kedepannya. Sedangkan “nanti bagaimana”, akan bermakna bahwa kita selalu memikirkan masa depan. Sesuatu yang kita lakukan apakah akan merugikan atau menguntungkan. Itulah, yang akan menjadi pertimbangan kita dalam bertindak.


- Rama Addit Tya -
Menghilangkan Rasa Malas Menghilangkan Rasa Malas Reviewed by LPM Gemercik on Saturday, April 08, 2017 Rating: 5

Fashion

Close