KKN 49 STORY CHALLENGE! [JUARA 2 KKN STORY CHALLENGE]

KKN 49 STORY CHALLENGE!


Ditulis oleh:
Rachmatia Fajrina Faisal
Pendidikan Bahasa Inggris 2014

Kenalin, nama lengkap aku Rachmatia Fajrina Faisal. Namanya kepanjangan ya? Oke, kalian cukup panggil aku Mbil aja biar lebih akrab. Aku mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester 6 yang baru aja selesai melewati runtutan kegiatan akademis, ya sebut saja KKN.

Aku anggota dari KKN 49 yang tempatnya di Sukaluyu, Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya. Aku menjabat sebagai seksi dokumentasi. Tau tugasnya seksi dokumentasi kan? Ya, tugasnya cuma fotoin setiap kegiatan yang kita lakuin selama disana ditambah pegang instagram KKN 49, jadi instagramnya KKN 49 itu aku adminnya. Jadi, ya kerjaannya ringan aja sih, soalnya foto-foto itu asik dan gak bikin bosen. Ya gak sih?

KKN 49 itu dapet tema apa sih? Pendidikan, kesehatan atau daya beli? Well, KKN 49 dapet tema daya beli. Aku sama rekan-rekan KKN 49 yang lain setelah tau dapet tema daya beli langsung survei dong biar tau potensi ekonomi disana yang bisa dikembangkan sama kita tuh apa. Hasilnya apa coba? Dari segi pendidikan, disana ternyata gak ada SMA, jenjang sekolah paling tingginya aja sampe SMP. Dari segi kesehatan, ya alhamdulillah ada puskesmas terus ada mantri yang suka standby disana, btw Pak Mantri nya masih muda dan ganteng loh wkwk. Dari segi daya beli, emang masyarakat disini mayoritas petani, dan disini juga ternyata banyak pengusaha yang membudidayakan jamur tiram. Kira yang udah survei langsung berunding kegiatan inti apa yang bakal kita lakuin. Oke, kita akhirnya sepakat untuk membuat packaging menarik dari hasil olahan jamur tiram yang sekarang lagi trend dikalangan anak muda, ya sebut aja jamur crispy.

Sekitar pukul 11.00 WIB kita bareng DPL sampe di Sukaluyu, kita langsung masuk ke Kantor Desa dan nemuin Pak Kades beserta jajarannya buat silaturahmi dan ngenalin kalau kita bakal KKN disini selama 35 hari. Kita perkenalan dan ngasih tau bahwa tema kita itu daya beli dan kita bakal bikin packaging yang menarik buat jamur crispy (kaya yang tadi udah aku ceritain sebelumnya). Beres itu kita langsung lanjut ke posko dan alhamdulillahnya rumah cewe dan cowo dipisah. Yes dipisah! Posko kita ada di rumah cowo dan rumah cewe tempatnya ke belakang lagi, ya gapapa lah yang penting dipisah rumahnya.

Singkatnya kita udah beresin barang masing-masing, abis itu kumpul di posko buat nentuin acara pendukung dan acara non-tema apa yang bakal kita laksanain selama disini. Setelah berunding lumayan alot dan dengan berbagai pertimbangan, akhirnya kita memutuskan acara pendukung kita workshop pemasaran online dan acara non-tema kita ada 4 yaitu turnamen bola volly, pengajian, phbs dan jalan santai. Kita bagi fokus jadi tiap tim pegang tiap proker biar fokus dan punya tanggungjawab masing-masing. Well, kita beres kumpul itu sampe sekitar pukul 21.00 WIB gitu deh, abis itu cewe langsung pulang ke rumah ya kan rumahnya dipisah sama cowo.

Sampe dirumah cewe, ternyata yang tidur cuma 4 orang, dan yang 7 orang lagi masih melek, ya maklum jumlah cewe disini cuma 11 orang. Well, kita mau main TOD aja biar asik lagian kan baru kenal juga jadi pasti seru. Eh yang bener aja, TOD nanya nya soal orang-orang yang ga kita suka di KKN ini, ya ada yang bilang si inilah karena blablabla, si itulah blablabla ya maklum namanya juga cewe pasti suka banget sama yang namanya ngomongin orang wkwk.

Singkatnya, dari kejadian itu kita bertujuh ngerasa klop banget. Nah dari sana aku punya geng (cie geng) yang emang klop banget deh, kenal sama mereka baru tapi udah kaya ngerasa kenal lama, ya alhamdulillah banget dong. Tau ga? Kita sampe bikin grup di LINE dan kita masih suka saling video call, bahkan meet up terus sampe sekarang loh!

Hari kedua di posko aku sakit karna emang cuaca di Sukaluyu itu dingin, beda gak kaya di Tasik ah elah Tasik mah panas, pas di posko buset dingin brrr sampe-sampe kaos biasa aja keringnya sampe 2 hari loh! Aku sakit ya demam gitu deh, mungkin masih penyesuaian badan sama kondisi di posko. Apa yang tejadi pas aku sakit? Anak-anak baik banget, gilaaa super duper deh, yaelah kita baru kenal di workshop KKN doang baiknya udah kaya gini, alhamdulillah aku sembuh 2 hari kemudian. 


Hal yang paling aku gak suka pas di KKN itu banyak banget jadwal pengajiannya, apalagi rumah cewe tuh kan depan mesjid jadi ya mau gak mau harus sering ke mesjid. Pengajian itu bukan seminggu sekali, bahkan ada yang sehari dua sampe 3 kali, buseet ini pengajian apa minum obat? Makan di posko aja ga sampe 3x loh guys.

Btw, jarak Tasik-Sukaluyu deket kan jadi ya aku sama temen-temen sering ke Tasik yaa kalau di posko lagi gaada kegiatan gitu deh. Malah yang lucunya aku sama temen-temen geng suka ribut kalau disuruh ke Tasik (rebutan pada pengen gitu). Contoh sederhana nya kaya persiapan Turnamen Bola Volly sama Jalan Santai buat perpisahan, otomatis banyak list kebutuhan yang harus dibeli ya kan? Piala, sertifikat, peluit, doorprize buat jalan santai, dll jadi kita beli semuanya itu di Tasik. Nah, karena aku bawa motor ke posko jadi bebas kan kalau mau kesana-kemari jadi yaa sering jalan-jalan gitu deh.

Ada hal sedih yang aku rasain di posko loh! Ya karena tadi aku sering banget bula-balik Tasik jadi kecapean, sampe-sampe H-7 perpisahan KKN aku sakit gejala tifus. Yasalam sakit macam apa ini? Asli, baru kali ini aku sakit sampe sebegininya. Selama sakit itu, aku di posko full bedrest dan gak kerja apapun bantuin anak-anak yang lain. Makan aja sampe dibikinin bubur sama telor rebus itu tiap hari loh selama 3 hari sama ibu yang punya rumah. Jadi, selama 3 hari sakit di posko itu aku cuma makan bubur polos tanpa bumbu dibarengin telor rebus, terus minum obat terus tidur lagi, gitu aja aktifitas selama sakit di posko. Well, biasanya aku yang suka ngemil dan dikit-dikit makan dengan cara makan kaya tadi gitu jadi turun 3kg. Dahsyat! wkwk.

Lanjutin cerita tadi, jadi hari ke-4 aku sakit itu aku dijemput orang tua dan disuruh pulang aja karena emang liat kondisi aku yang gak makin membaik. Apa daya, aku dibantuin temen-temen yang lain beresin semua barang-barang aku sampe baju yang masih dijemur aja aku bawa semua loh! Aku tuh gatau acara perpisahan sama sekali karena sakit itu tadi. Sedih banget, malah di penghujung acara aku gak bisa ikut berpartisipasi apapun. Alhasil, aku pulang dan istirahat dirumah sampe KKN selesai.

Buat aku, KKN itu pengalaman terbaik selama aku ada di kampus. Pengalaman hidup yang belum pernah aku temui sebelumnya, aku temuin disini. Meskipun selalu ada pengeluaran uang yang tak terduga dan hal-hal lain yang tak terduga, tapi dibalik itu banyak suka-duka yang mengisi cerita kita di KKN. Kita jadi tau gimana cara sosialisasi di lingkungan masyarakat, cara beretika yang baik, bertutur yang baik, beradaptasi di lingkungan baru, meningkatkan sisi religius kita, cara mengatur keuangan sendiri, belajar mandiri dan dewasa ah pokonya masih banyak hal positif lain yang aku dapetin dari KKN. Ini ceritaku, mana ceritamu? 


KKN 49 STORY CHALLENGE! [JUARA 2 KKN STORY CHALLENGE] KKN 49 STORY CHALLENGE! [JUARA 2 KKN STORY CHALLENGE] Reviewed by LPM Gemercik on Sunday, April 16, 2017 Rating: 5

Fashion

Close