Himatif Unsil Cerdaskan Generasi Muda Lewat Kegiatan PETA

Tasikmalaya (26/04) Pekan Teknologi dan Informatika (PETA) kini kembali hadir dengan tema “Cerdas Berteknologi Bersama Generasi Muda yang Kreatif, Inovatif dan Kompetitif”. Kegiatan ke-6 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (HIMATIF) ini mulai dilaksanakan pada tanggal 25 April 2017 dengan serangkaian acara yakni Lomba Fotografi dan Videografi (15 Maret-8 April 2017), Pelatihan Basic Android Programming (20-22 April 2017), Lomba Cepat Tepat Informatika (25 April 2017), Lomba Desain Web (26 April 2017), Lomba Desain Grafis (26 April 2017), Kontes Robotika (27-28 April 2017), Pameran Teknologi dan Informatika (26-27 April 2017) Dan Seminar Nasional Teknologi dan Informatika (29 April 2017).

Adapun pada tanggal 26 April 2017 ini, sedang dilaksanakan Pameran PETA di Gedung Mandala Universitas Siliwangi yang akan berlangsung hingga tanggal 28 April 2017. Pameran ini tidak hanya meliputi teknologi, namun juga terkait kewirausahaan yang mana sponsorship pada kegiatan HIMATIF kali ini ikut membuka stand di dalam pameran ini, seperti yang telah dikatakan oleh ketua pelaksana kegiatan ini, Yulizar Rahman (TI, 2015).


Bagi Yulizar, kegiatan PETA ini bisa ada di setiap tahunnya atas pengukuran sampai mana canggihnya teknologi yang ada dan sebagai program edukatif untuk pengetahuan bagi masyarakat. “Kita mengadakan kegiatan peta itu untuk mengukur seberapa canggihnya teknologi, biar masyarakatnya juga tau sudah sampai secanggih ini gitu,” jelas Yulizar.

Pada pameran tahun ini, ada hal spesial yang dihadirkan, yakni hasil Tugas Akhir (TA) dari mahasiswa TI. Contoh TA tersebut misalnya Jemuran Otomatis. “Siliwangi Game Developer (SIGADE) juga merupakan hasil game yang dibuat oleh mereka,” jelas Yulizar menjelaskan apa saja yang ada pada pameran tahun ini.


Semua komunitas yang dinaungi oleh HIMATIF ikut terlibat dan bukan hanya dalam pameran, namun juga dalam perlombaan hingga seminar yang diadakan dalam PETA ini. “Perlombaan tingkatnya se-Jawa Barat, mau jatosc, mau robotic. Kalau fotografi dan videografi untuk umum,” katanya lagi. Komunitas yang ada di HIMATIF yakni M.A.U.N.C (dalam bidang robotika), SIGADE (dalam bidang game), IPHO (dalam bidang photography), IGD (dalam bidang grafis) dan Informatika Film Community (INFINITY).



Selain pameran, pada tanggal 26 April 2017 ini juga diadakan lomba yang dilaksanakan di Lab. Informatika. Kegiatan yang ditanggungjawabi oleh Helmi Firmansyah (TI, 2015) ini mempunyai beberapa tema dalam setiap lombanya, seperti “Informatic Website To Educated” untuk Lomba Desain Web dan “Techno Jabar Culture” untuk Lomba Desain Grafis.

Juri dari perlombaan yang diadakan pada hari Rabu ini pun adalah dosen dari Teknik Informatika UNSIL, Pimpinan Redaksi Kabar Priangan dan salah satu alumni TI UNSIL. Teknis perlombaan sendiri, seperti yang dijelaskan oleh Helmi ialah pengumpulan berkas melalui email dan disisihkan hingga peserta yang hadir di hari Rabu ini ialah peserta yang masuk ke babak selanjutnya. Adapun pada Lomba Desain Grafis, kriteria penilaian pada babak final yang tanpa tema ini lebih difokuskan kepada objek yang dibuat untuk selanjutnya dijadikan maskot dalam acara PETA.

Pengumuman dari setiap perlombaan yang diadakan ialah pada malam puncak kegiatan PETA di tanggal 29 April 2017. Adapun selain pengumuman juara perlombaan, akan diumumkan pula juara Jatosc yang nantinya mendapatkan piala bergilir Gubernur Jawa Barat.

“Harapan untuk mahasiswa informatika di Indonesia, semoga mereka bisa berbagi ilmu atau bisa mencetak generasi-generasi muda yang benar-benar kreatif, inovatif dan kompetitif di bidang teknologi,” harap Yulizar.

(IMR, Sarasvati)
Himatif Unsil Cerdaskan Generasi Muda Lewat Kegiatan PETA Himatif Unsil Cerdaskan Generasi Muda Lewat Kegiatan PETA Reviewed by LPM Gemercik on Thursday, April 27, 2017 Rating: 5

Fashion

Close