Tips Anak Kost Agar Tetap Sehat

anak kost
gambar: anidaekawatii.blogspot.com

Anak kost dikenal dengan gaya hidup yang serba hemat dan irit. Jauh dari orang tua, kadang membuat kita mengabaikan kesehatan tubuh. Hidup sehat itu tidak sepenuhnya memerlukan biaya yang besar. Banyak hal-hal kecil yang bisa membuat tubuhmu tetap sehat. Jadi dari sekarang mulai deh peduli sama kesehatan sendiri ya!

Berikut beberapa tips sehat yang bisa diterapkan kalian anak rantau:

1. Jaga Pola Makan.
Nah, ini adalah hal yang sangat penting. Usahakan makan sehari tiga kali, jangan dikurang-kurangin dengan alasan diet atau sejenisnya. Perhatikan juga gizinya, jangan asal enak padahal kurang baik untuk tubuh apalagi makan makanan yang berbau instan. Kamu tidak mau kan saat nanti pulang ke kota asal jadi gizi buruk?

2. Yuk konsumsi buah.
Sebagai anak kost, makan buah minimal semingu sekali deh! Jangan makan mie instan terus. Banyak sekali keuntungan yang kita dapat jika mengonsumsi buah secara rutin. Serat dan cairan yang ada dalam buah selain sangat baik untuk tubuh juga dapat melancarkan pencernaan. Selain itu rasanya juga lezat dan merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat sebagai penagkal radikal bebas.

Buah dengan mudah bisa kita jumpai di supermarket atau di pasar-pasar. Jangan jadikan alasan tidak punya lemari pendingin untuk tidak makan buah ya! Banyak kok buah yang masih bisa tahan 3-4 hari tanpa lemari pendingin, tentunya dijauhkan dari sinar mata hari, contohnya pisang, jeruk dan lain-lain.

3. Tidur
Kegiatan di kampus menuntut kamu untuk selalu aktif, dari mulai memperhatikan dosen, sampai mengerjakan tugas yang tidak kunjung usai pun sangat memerlukan banyak tenaga. Ingat, tubuh kamu juga punya hak untuk istirahat ya guys! Memenuhi kebutuhan tidur adalah salah satu cara menjaga kesehatan. Waktu tidur yang baik yaitu antara 7-8 jam per hari. Kurang tidur bisa bikin kamu kurang fokus bahkan sampai tidur saat dosen menerangkan, wah rugi banget kan?

4. Olah raga
Ini adalah salah satu hal yang sering kita lupakan. Sisihkan waktu sibukmu sedikit buat olah raga, jangan disepelekan. Tidak harus olah raga yang berat-berat, yang ringan juga banyak, seperti jogging, zumba, dan juga yoga. Jika kamu malas berolahraga, bukan hanya tidak baik untuk kesehatan, tapi cepat atau lambat akan membuat lemak di dalam tubuhmu menumpuk dan siap-siap deh dibilang gemukan.


(asabilams)
Tips Anak Kost Agar Tetap Sehat Tips Anak Kost Agar Tetap Sehat Reviewed by LPM Gemercik on Saturday, March 18, 2017 Rating: 5

Fashion

Close