Lain Doeloe Lain Sekarang


Manusia akan berkembang dari waktu ke waktu, baik cepat ataupun lambat kehidupan manusia pasti akan berubah. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, maka manusia dituntut untuk menyesuaikan diri dengan melakukan perubahan. Perubahan merupakan tuntutan kehidupan untuk menciptakan kestabilan. Maka tidak heran kalau kehidupan manusia zaman sekarang dan zaman dahulu sangatlah berbeda.

Perbedaan dapat terlihat dari gaya hidup, manusia zaman sekarang lebih menyukai segala sesuatu yang instan. Seperti dalam hal makanan lebih menyukai makanan-makanan cepat saji yang sebenarnya sangat tidak baik untuk kesehatan kalau dikonsumsi secara terus menerus. Beda halnya dengan manusia zaman dahulu yang selalu mengonsumsi makanan dari hasil kebunnya sendiri yang bebas dari pestisida. Itulah mengapa orang-orang zaman dahulu kesehatannya lebih baik dari pada orang-orang zaman sekarang. Dahulu juga tidak ada penyakit-penyakit aneh, beda halnya dengan sekarang semakin banyak penyakit-penyakit aneh yang bermunculan yang disebabkan karena gaya hidup yang kurang baik. Selain itu, karena manusia sekarang lebih menyukai hal-hal yang instan, ijazah pun bisa kita dapatkan dengan instan, hanya dengan mengorbankan sedikit uang kita sudah bisa mengantongi ijazah tanpa harus berlama-lama sekolah. Beda halnya dengan dahulu, untuk sekolahpun tidak semua orang mampu apalagi kalau harus membeli ijazah.

Selain itu karena sekarang teknologi sudah semakin canggih apalagi dengan adanya smartphone, orang-orang kini jadi semakin jarang berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya karena terlalu asik dengan smartphone dan dunianya sendiri. Seperti banyak yang bilang, dengan smartphone dunia seolah-olah ada di dalam genggaman karena berita dari mancan negarapun bisa diakses dengan cepat, selain itu gaya hidup orang-orang luarpun bisa kita lihat dan apa yang dilihat itu perlahan-lahan diterapkan didalam kehidupan sehari-hari dan pada akhirnya akan mengikis kebudayaan asli bangsa Indonesia. Beda halnya dengan zaman dahulu, teknologi belum secanggih sekarang, segala sesuatu tidak bisa dilakukan dengan instan, tetapi justru karena itulah orang-orang zaman dahulu hidup dengan damai, tentram dan nyaman karena dahulu orang lebih suka melakukan sesuatu secara bersama-sama yang dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara mereka.

Pada dasarnya melakukan perubahan itu baik, hanya saja tergantung bagaimana kita menyikapi perubahan tersebut, jangan sampai karena melakukan perubahan untuk mengikuti perkembangan zaman menghilangkan kebudayaan asli bangsa kita. Seharusnya kita menyaring terlebih dahulu pengaruh-pengaruh yang datang dari luar supaya perubahan yang terjadi tidak terlalu melenceng dengan kebudayaan asli bangsa kita dan kestabilan pun bisa tercipta.


Lelly Listiani









Lain Doeloe Lain Sekarang  Lain Doeloe Lain Sekarang Reviewed by LPM Gemercik on Tuesday, March 07, 2017 Rating: 5

Fashion

Close