Bebegig Jadi Ikon Pangjajap Wisuda Faperta Periode Maret

Tasikmalaya - Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi melaksanakan acara Pangjajap Wisuda, Sabtu (25/03). Acara tersebut merupakan upacara adat sunda seperti jajapan pengantin, mengantar wisudawan dan wisudawati dan juga penjemputan. Setelah diwisuda, wisudawan dan wisudawati sudah bisa dan berhak menumpangi salah satu rangkaian properti pangjajap berupa sisingaan karena sudah resmi menjadi sarjana.


Seluruh warga Fakultas Pertanian ikut serta untuk memeriahkan acara yang dikhususkan untuk 23 wisudawan dan wisudawati yang terdiri dari 12 mahasiswa Jurusan Agroteknologi, dan 11 mahasiswa Jurusan Agribisnis. Pada Acara ini mahasiswa Fakultas Pertanian 2016 dilibatkan sebagai peserta pangjajap, dan dalam pelatihannya Fakultas Pertanian tidak mengundang pihak dari luar melainkan dikelola oleh mahasiswa Faperta itu sendiri. Acara tersebut juga termasuk ke dalam salah satu rangkaian Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Pertanian (PKMP).
Ketua Badan Pengawas Mahasiswa Fakultas Pertanian, Diki Zulfikri, memberikan tanggapan mengenai perbedaan pelaksanaan acara Pangjajap sekarang dengan periode sebelumnya, “Dulu pernah ada wayang besar, pernah juga tidak memakai gamelan melainkan pakai reog. Semua disesuaikan dengan kondisi. Dua tahun yang lalu pakai wayang landung. Kalau sekarang dengan bebegig dan itu berdasarkan kemauan wisuda. Kebetulan juga ada salah seorang wisuda yang punya kenalan.”


Properti yang digunakan juga beragam, sesuai dengan peran yang peserta mainkan. Ada yang membuat sendiri ada juga yang menyewa. Untuk alat musiknya sendiri meminjam dengan koordinasi bersama pihak universitas.

”Meriah dari tahun tahun sebelumnya, karena terdapat lahan parkiran baru yang dapat dimanfaatkan sebagai pendirian panggung serta terdapat stan-stan makanan, dan wisudawan-wisudawati bertambah membuat seru acara pangjajap versi Maret.” Begitu tanggapan pemain lengser, Ilham Meidi Islam.


Dengan adanya acara Pangjajap Wisuda, Fakultas Pertanian bisa tetap melestarikan budaya karena dalam acara pangjajap terdapat nilai-nilai budaya Sunda dan suatu kebanggaan ketika kita diantarkan oleh adik-adik dan diakui oleh Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi.

Salah satu wisudawati Fakultas Pertanian, Fanny Rahayu menanggapi acara tersebut sangat bagus, ramai, kompak, memuaskan dan membuat para wisudawan wisudawati senang. Beliau berpesan untuk adik adik Fakultas Pertanian supaya semangat untuk menyusun skripsi, berharap adik-adiknya cepat lulus dan kedepannya lebih baik lagi.
(bacancandy, ismasemut)




This news has been edited by Aghy and posted by Sne.
Bebegig Jadi Ikon Pangjajap Wisuda Faperta Periode Maret  Bebegig Jadi Ikon Pangjajap Wisuda Faperta Periode Maret Reviewed by LPM Gemercik on Monday, March 27, 2017 Rating: 5

Fashion

Close