Review Film State Of Play: Hati Nurani Insan Jurnalis





Sutradara: Kevin Macdonald
Penulis Skenario: Billy Ray, Tony Gilroy, Matthew Michael Carhanan
Bintang Film: Russell Crowe, Ben Affleck, Rachel McAdams, Viola Davis, Robin Wright Penn, Jason Bateman, Helen Mireen
Genre: Political ThrillerDurasi: 128 menit
Rating : 3/5



Review :



Belakangan ini banyak sekali isu-isu juga hoax yang berkembang di masyarakat. Peran media yang begitu besar dalam memengaruhi keadaan ini, sehingga memunculkan rasa tidak percaya pada media yang ada. Tepat hari ini, 9 Februari 2017 dimana Hari Pers Nasional diperingati, tidak ada salahnya menonton film “lama”. State of Play, film besutan sutradara Kevin Macdonald yang tayang pada 17 April 2009 di USA memiliki keterkaitan cerita dengan dunia jurnalistik.


Film yang memiliki latar belakang dunia jurnalis dan politik ini memiliki alur konflik yang berjalan cukup mulus. Berawal dari kasus kematian seorang perampok dan penembakan seorang pengantar makanan cepat saji, mengantarkan Cal McAffrey (Russell Crowe) seorang wartawan senior di Washington Globe pada kasus kematian Sonia Baker (Maria Thayer) yang sedang ditangani oleh reporter muda juga blogger dari surat kabar yang sama dengan Cal, Della Frye (Rachel McAdams). Berita kematian Sonia menjadi topik hangat setelah Stephen Collins (Ben Affleck) mengumumkan bela sungkawa dengan meneteskan air mata yang menimbulkan spekulasi jika Sonia memiliki hubungan special dengan anggota Kongres yang telah memiliki istri tersebut. Kisah ini pun berlanjut dengan ditemukan bukti-bukti lain menghubungkan kasus yang ditangani oleh Cal maupun Della setelah pengantar makanan cepat saji tewas dibunuh di hadapan Della. Dunia politik dan militer, skandal sex, kepentingan perusahaan media, juga diujinya jiwa jurnalis mengantarkan film ini pada klimaksnya. Kebenaran yang didapat oleh Cal dan Della menjadi dilema tersendiri bagi Cal yang menjadi sahabat dari Collins. Apakah akan mengungkapkan kebenaran pada masyarakat dengan hati nurani atau tetap diam dan membiarkan kebenaran tidak terungkap, semua jawaban dan pesan moral telah dikemas apik dalam film yang berudarasi 128 menit ini.



Aypra


Review Film State Of Play: Hati Nurani Insan Jurnalis Review Film State Of Play: Hati Nurani Insan Jurnalis Reviewed by LPM Gemercik on Thursday, February 09, 2017 Rating: 5

Fashion

Close