Peran Generasi Muda dalam Pembangunan Negeri dengan Pemanfaatan IPTEK

Mahasiswa merupakan agen of change. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa kita harus siap dalam menghadapi perubahan-perubahan. Apalagi di zaman sekarang teknologi semakin canggih, budaya-budaya luar bisa dengan mudahnya masuk ke dalam negara kita ini dan dapat mempengaruhi kehidupan bangsa. Dengan kemajuan teknologi tersebut memang tidak selalu berdampak buruk, namun apabila kita tidak mampu menyaringnya bukan tidak mungkin nilai-nilai yang ada pada diri bangsa Indonesia lambat laun akan luntur. Tidak hanya pada kalangan muda, bahkan kalangan tua pun saat ini sudah bersahabat dengan teknologi. Meskipun begitu tetap yang paling dekat dengan teknologi saat ini adalah kalangan muda mengingat mereka hidup pada generasinya. 



Selaku generasi muda, kita haruslah dapat lebih bijak dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut. Banyak sekali bukti bahwa generasi muda saat ini tidak kalah jeniusnya dengan para profesor yang sudah pasti lebih berpengalaman dalam banyak bidang. Namun dapat kita lihat, justru generasi muda tidak kalah hebatnya dengan orang yang bergelar profesor. Mereka membuktikan bahwa dengan kecanggihan teknologi sekali pun, mereka dapat menciptakan suatu mahakarya yang dapat bermanfaat bagi kemajuan bangsa ini, yang bahkan dapat mengalahkan teknologi yang digunakannya tersebut. Sebagai contoh, Pak BJ. Habibie, mantan Presiden negara Indonesia. Ketika ia masih muda, ia mampu menciptakan sebuah pesawat canggih yang saat itu tidak semua orang bisa membuatnya.

Nah, kita sebagai generasi muda telah terbukti bahwa kitalah yang nantinya turut memajukan negara ini. Maka dari itu, haus ilmu menjadi sebuah keharusan dan tentunya dengan teknologi saat ini yang semakin canggih harus dapat menyikapinya dengan bijak. Jangan sampai kecanggihan teknologi justru malah membuat kita diperbudak oleh teknologi itu sendiri. Jadilah bangsa Indonesia seutuhnya yang memegang nilai-nilai dari leluhur kita, semangat dan tak mudah putus asa.

SEMA NURLIANI
Peran Generasi Muda dalam Pembangunan Negeri dengan Pemanfaatan IPTEK Peran Generasi Muda dalam Pembangunan Negeri dengan Pemanfaatan IPTEK Reviewed by LPM Gemercik on Tuesday, February 07, 2017 Rating: 5

Fashion

Close