MAPESA 2017: Ciptakan Kader Jurnalis Cerdas, Berintegritas dan Berwawasan Luas

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Universitas Siliwangi yang berkutat dalam bidang jurnalistik mengadakan kegiatan yang diberinama MAPESA. Rangkaian terakhir MAPESA atau kepanjangan dari Masa Pendidikan Sahabat Pers sekaligus pelantikan anggota Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Universitas Siliwangi diselenggarakan di Mess PEMDA Pantai Sindangkerta. Lokasi tepatnya yaitu di Desa Cimunjul RT. 02 RW 01 Kecamatan Cipatujah, Sindangkerta. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 31 Januari s.d. 02 Februari 2017.



Acara yang memiliki tujuan untuk menciptakan kader jurnalis yang cerdas dan berwawasan luas ini diikuti oleh 29 calon anggota yang sekarang telah menjadi anggota, 28 orang panitia, dan 2 orang demisioner (alumni).

Kegiatan MAPESA sebetulnya terdiri dari 3 rangkaian yang sudah dimulai sejak penerimaan mahasiswa baru, yakni PENATIK (Pelatihan Jurnalistik), magang, sampai ke pengukuhan dan pelantikan anggota. PENATIK diisi dengan mengundang pemateri-pemateri yang andal dalam bidang jurnalistik, diantaranya dengan mengundang Bode Riswandi dan wartawan dari Radar Tasikmalaya. Dilanjut dengan kegiatan Magang, dimana calon anggota dibagi menjadi beberapa kelompok dan diharuskan untuk membuat sebuah buletin untuk bidang keredaksian. Acara ditutup dengan pengukuhan dan pelantikan. Acara ini menjadi rangkaian terakhir sekaligus puncak kegiatan yang diisi dengan kegiatan-kegiatan seperti pemberian materi dari demisioner, sharing, olahraga, outbound dan pengkaderan.






Agung Hermansyah, mahasiswa Teknik Elektro 2015 selaku Ketua Pelaksana kegiatan MAPESA menjelaskan kegiatan MAPESA usai acara. “Acara MAPESA bertujuan untuk mendidik agar calon anggota mempunyai keberanian tampil didepan umum dan alhamdulillah di acara MAPESA semua calon anggota berani tampil dengan percaya diri,” jelasnya. Ia mengaku ada sedikit kendala saat acara berlangsung, yaitu masalah cuaca. “Banyak acara yang seharusnya outdoor terkendala karena hujan, tapi untuk keseluruhan acara MAPESA berjalan dengan baik.”



Acara ini ditutup dengan pembacaan sumpah dan pelantikan anggota baru UKM Pers Mahasiswa Unsil. Di akhir wawancara, Agung mengutarakan harapannya untuk calon anggota yang kini sudah resmi menjadi anggota, “Harapannya semoga anggota baru dapat menjadi penerus yang memiliki keberanian bertindak meskipun sudah tahu resiko yang akan dihadapi,” tutup Agung. (Aliffian/SNE)
MAPESA 2017: Ciptakan Kader Jurnalis Cerdas, Berintegritas dan Berwawasan Luas MAPESA 2017: Ciptakan Kader Jurnalis Cerdas, Berintegritas dan Berwawasan Luas Reviewed by LPM Gemercik on Tuesday, February 07, 2017 Rating: 5

Fashion

Close