Mahasiswa KKN 04 Unsil Ciptakan Perpustakaan Desa dalam Upaya Mendukung Program Gerakan Tasik Membaca dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya


Mahasiswa yang terhimpun dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Siliwangi Tasikmalaya di Desa Hegarwangi Kec. Bantarkalong Kab. Tasikmalaya menggelar kegiatan Pengembangan Perpus Desa. Untuk acara Grand Launcing Perpustakaan sendiri dilaksanakan pada Sabtu (4/2) dan diresmikan oleh Muslih selaku Kepala Desa Hegarwangi, Gaos selaku Kepala PKBM Alhidayah dan Candra sebagai Kepala Perpustakaan Desa Hegarwangi. Pada acara peresmian turut pula hadir para kepala dusun dan warga setempat.

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya mendukung pemerintah Kab. Tasikmalaya dalam Program Gerakan Bangun Desa (Gerbang Desa) dan program dari Dinas Pendidikan Kab.Tasikmalaya dalam menyukseskan Gerakan Tasik Membaca.



Lewat Perpustakaan Desa ini diharapkan bisa memberantas buta huruf di kawasan pemerintahan tingkat Desa, mempermudah anak usia sekolah untuk mendapatkan buku referensi sekolah. Hal ini dilontarkan oleh Koordinator Desa KKN 04 Unsil Kurniawan Abdul Ghani (Mahasiswa Unsil Jurusan Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia). “Kegiatan ini mudah-mudahan bisa memudahkan masyarakat Desa Hegarwangi untuk bisa membaca dengan mudah tidak harus jauh untuk membaca buku terutama bagi masyarakat yang sedang menempuh pendidikan seperti siswa,mahasiswa ataupun bagi masyarakat yang ingin lebih tahu lewat membaca serta, mendekatkan masyarakat dengan budaya membaca dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya membaca dikalangan masyarakat”, ujarnya.


Kepala Desa Hegarwangi Muslih memaparkan rasa terima kasihnya, “Saya sangat berterimakasih kepada adik-adik dari KKN Unsil karena telah membangkitkan kembali Perpustakaan Desa yang beberapa tahun kebelakang tidak berjalan. Saya memohon maaf karena dari pihak desa tidak bisa membantu dalam hal dana. Saya sangat mengapresiasi lewat adik-adik KKN kamiakan berusaha untuk lebih baik lagi dalam segi pengelolaannya. Insyaaloh saya sendiri selaku Kepala Desa Hegarwangi akan mengumumkan kepada Masyarakat bahwa di Desa ada Perpustakaan”.


Dalam merealisasikan Perpustakaan ini pihak KKN 04 Unsil didukung juga oleh pihak Desa Hegarwangi dalam penyediaan tempat, serta donartur-donatur dalam penyediaan buku-buku untuk disimpan di Perpustakaan tersebut.


Candra selaku Kepala Perpustakaan mengaku sangat bahagia dengan adanya ide-ide dari KKN Unsil ini. “Insyaallah saya akan mengelola perpustakaan ini dengan lebih baik lagi supaya perpus ini bisa berjalan dengan lancar,” tambah Candra. Kegiatan ini pula sangat mengispirasi kepala Desa Hegarwangi untuk menciptakan Taman Baca. “Kedepannya saya berharap bisa membuat Taman Baca untuk Desa ini,” tambah Muslih.

RISYAL SAPUTRA
DEMISIONER PERSMA UNSIL
Mahasiswa KKN 04 Unsil Ciptakan Perpustakaan Desa dalam Upaya Mendukung Program Gerakan Tasik Membaca dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya Mahasiswa KKN 04 Unsil Ciptakan Perpustakaan Desa dalam Upaya Mendukung Program Gerakan Tasik Membaca dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya Reviewed by LPM Gemercik on Friday, February 17, 2017 Rating: 5

Fashion

Close