Kegiatan Penyuluhan Pendidikan Kelompok KKN 79

        Tasikmalaya(21/1) Kelompok KKN 79 Universitas Siliwangi, Desa Jahiang Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmaya, melaksanakan kegiatan Penyuluhan pendidikan terhadap pendidik Paud, TK/RA, dan Madrasah se-desa jahiang, yang bertema “Meningkatkan Kompeensi pendidik dalam menerapkan pembelajaran yang akif, inovatif, kreatif, efisien dan menyenangkan” yang bertempat di MI Miftaul Khoer, Cinengtet.

       Kegiatan ini dilakukan karena berangkat dari masalah yang ada di Jahiang, yang mana masih bayak sekali pendidik Paud, RA/TK, dan Madrasah yang kurang menguasasi kemampuan dalam mendidik peserta didik mereka, karena kebanyakan dari mereka hanya lulusan dari smp dan sma, bahkan sd, jarang sekali yang s1 ataupun sarjana.

      Penyuluhan ini dihadiri oleh hampir semua instansi atau madrasah yang ada di desa jahiag, antusias para peserta terlhat dari semangat mereka mengikuti jalannya penyuluhan, meskipun dengan kegiatan yang sederhana, tapi semua itu tidak menghalangi rasa kengingintahuan mereka terhadap nilai dan esensi dari acara ini.

     Ketua kelompok KKN 79, Rijal Awal mengungkapkan bahwa “Meskipun ketika akan diilaksanakannya kegiatan penyulhan ini terhalang oleh kondisi cuaca yang hujan, namun semangat dari para guru untuk mengikuti acara ini menjadi motor penggerak bahwa segala sesuatu bisa dilakukan apapun itu yang terjadi, dan inipun menjadi sebuah pelajaran penting bagi para panitia atau peserta KKN untuk bisa menyelesaikan dan menyikapi semua masalah dengan cara yang berbeda.”

    “Segala bentuk pendidikan itu bisa berjalan, bila (bukan kecuali) adanya dana” ujar pa iwan selaku kepala sekolah Madrasah Diniyah Cikareo, keluhan keluhan seperti itu menjadi permasalahan umum yang terjadi diseluruh instansi pendidikan nonformal tersebut. Padahal, kita mengingat bahwa bapak bupati Tasikmalaya berlatar belakang dari pendidikan pesantren yang seharusnya dapat mensejahterakan semua pelaku pendidikan tersebut. Akhirya salah satu output dari acara ini adalah terbangun semangat para pelaku pendidik ini untuk bersama-sama memperjuagkan sesuatu yang mungkin bisa menjadi hak mereka.

    Agi Ahmad Ginanjar selaku pemateri, memaparkan bahwa dalam proses pendidikan apapun itu peran seiap pendidik yang paling mendasar ada kehadiran hati dari setiap pendidik harus selalu dkuatkan karena ini merupakan sebuah pengabdian yang bukan hanya mengejar nilai yang ada didunia, tapi untuk nanti diakhirat juga.

    Tokoh masyarakat dan kepala dusun jahiangpun mengapresiasi acara ini, dan turut memberikan ucapan terimakasih kepada para peserta KKN 79 Desa Jahiang, “Semoga acara penyuluhan ini dapat diserap dan diterima oleh semua pendidk dan dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap pendidikan di desa jahiang dan peserta didik di masa depan nanti” Ujar pa Rohman selaku kepala dusun desa Jahiang, Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. (R.A.D)

Kegiatan Penyuluhan Pendidikan Kelompok KKN 79 Kegiatan Penyuluhan Pendidikan Kelompok KKN 79 Reviewed by LPM Gemercik on Monday, January 23, 2017 Rating: 5

Fashion

Close